Advertisement

Hibur Pemudik, Pemuda Pasutan Gelar Pentas Kesenian

Ujang Hasanudin
Selasa, 19 Juni 2018 - 10:37 WIB
Kusnul Isti Qomah
Hibur Pemudik, Pemuda Pasutan Gelar Pentas Kesenian Pemuda Padukuhan Pasutan sedang bermain reog wanoro kubro di Lapangan Pasutan, Senin (18/6/2018). - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL-Para pemuda pemudi Pedukuhan Pasutan, Trirenggo, Bantul menggelar pentas kesenian di Lapangan Pasutan, Senin (18/6/2018). Pentas kesenian yang sudah dilaksanakan sejak tiga hari terakhir itu untuk menghibur masyarakat sekitar dan para pemudik sebelum kembali ke berbagai daerah setelah liburan lebaran ini.

Kesenian yang ditampilkan di antaranya jatilan, reog, ketoprak, dan karawitan. "Yang pentas sebagian besar warga Pasutan tapi ada juga dari luar Pasutan yang kami undang untuk memeriahkan," kata Kepala Dukuh Pasutan, Susilo, di sela-sela pementasan.

Advertisement

Susilo mengatakan pentas kesenian lokal di Lapangan Pasutan digelar setiap tahun dari H+1 sampai H+4 lebaran dan sudah berlangsung sejak puluhan tahun lalu. Awalnya, kata dia, pentas kesenian dilakukan oleh anak-anak setelah lebaran. Para pengurus RT kemudia mengakomodir kebiasaan tersebut agar lebih tertata.

Bahkan sejak beberapa tahun terakhir pentas kesenian dalam mengisi liburan lebaran ini dilengkapi dengan panggung hiburan dan keamanan agar penonton lebih menikmati hiburan tersebut. Pendanaan acara tersebut berasal dari iuran masyarakat, sponsor, dan Pemerintah Kabupaten Bantul.

Saat ini para penonton yang datang bukan hanya warga sekitar Pasutan. Namun warga dari beberapa pedukuhan bahkan luar Desa Trirenggo juga datang. Susilo berharap pentas kesenian itu dapat menghibur masyarakat serta para pemudik yang pulang ke Bantul, khususnya warga sekitar Pasutan.

"Selain menghibur juga bisa menjaga kesenian daerah agar tetap tumbuh dan tidak punah," ujar Susilo.

Oma Bertanto, salah satu warga Bogoran, Trirenggo, Bantul mengaku senang dengan adanya hiburan tersebut. Setiap sore ia mengajak anaknya untuk menonton, "Tidak perlu jauh-jauh mengajak anak berlibur," ucap Oma.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement