Advertisement

Tahap Awal Penataan Kawasan untuk Pedestrian Kotabaru Dimulai

Salsabila Annisa Azmi
Selasa, 26 Juni 2018 - 14:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Tahap Awal Penataan Kawasan untuk Pedestrian Kotabaru Dimulai Wali Kota Jogja Haryadi Suyuti (kiri) dan Wakil Wali Kota Jogja Heroe Purwadi meresmikan tahap awal penataan kawasan untuk pedestrian Kotabaru di Jalan Suroto, Selasa (26/6/2018). - Harian Jogja/Salsabila Annisa Azmi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Kawasan jalur pedestrian Kotabaru mulai ditata hari ini dengan penataan Jalan Suroto. Penataan kawasan untuk pedestrian berkonsep revitalisasi tersebut ditarget selesai sebelum liburan Natal tahun ini.

Wali Kota Jogja Haryadi Suyuti mengatakan, standar kawasan pedestrian Kotabaru akan dibuat sama dengan standar pedestrian Malioboro. "Pesan pak Gubernur jangan sampai lebih jelek dari Malioboro, minimal sama standarnya dengan Malioboro," kata Haryadi dalam tahap awal penataan kawasan pedestrian Kotabaru di Jalan Suroto, Selasa (26/6/2018).

Advertisement

Haryadi mengatakan, nantinya kawasan untuk pedestrian Kotabaru akan menjadi public space di tengah dua sekolah dan satu perpustakaan. Jalanan di kawasan tersebut akan ditata dengan konsep kekinian, tetapi tetap mengedepankan aspek ketertiban dan keamanan.

Wakil Wali Kota Jogja Heroe Purwadi mengatakan, seiring dengan penataan kawasan untuk pedestrian Malioboro yang hampir selesai, penataan kawasan untuk pedestrian Kotabaru pun harus dimulai. "Kawasan kotabaru kami tata dari perempatan Gramedia sampai dengan ujung selatan yaitu Kridosono," kata Heroe.

Heroe mengatakan Jogja memiliki lima kawasan cagar budaya yaitu Kotabaru, Maliobiro, Kotagede, Keraton, dan Pakualaman. Kelima kawasan tersebut, Heroe mengatakan, akan terus ditata dan tidak menutup kemungkinan terdapat partisipasi untuk membangun kawasan tersebut sesuai cagar budaya.

"Kota yang maju dan berkembang itu bukan kota yang banyak mobil dan sepedanya, tetapi kota yang indikatornya, ketika ada lansia, anak-anak, wanita jalan kali itu aman," kata Heroe.

Lebih jauh, Heroe berharap warga di sekitar kawasan pedestrian Kotabaru nantinya berpartisipasi aktif menyesuaikan diri kaitannya dengan bangunan usaha mereka sesuai dengan konsep penataan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejagung Tetapkan 5 Tersangka Baru Kasus Korupsi Timah, Bos Maskapai Penerbangan Terlibat

News
| Sabtu, 27 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement