Advertisement

Libur Pilkada, Puskesmas di Bantul Tutup, Pasien Telantar

Ujang Hasanudin
Rabu, 27 Juni 2018 - 18:50 WIB
Bhekti Suryani
Libur Pilkada, Puskesmas di Bantul Tutup, Pasien Telantar Kondisi Puskesmas I Bantul di Jalan Wahid Hasyim tutup karena libur nasional. - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL- Sejumlah puskesmas di Bantul ikut libur pada momen pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak di berbagai daerah, Rabu (27/6/2018). Warga yang mau berobat ke puskesmas pun terpaksa harus putar balik dan mencari rumah sakit lain.

Kejadian ini di alami oleh Artati. Ia membawa ibunya untuk berobat karena keluhan sesak napas ke Puskesmas Bantul I sekitar pukul 10.00 WIB. Namun sampai puskesmas sepi, gerbang terkunci, dan mendapati pengumuman libur di balik pintu gerbang puskesmas.

Advertisement

Ia sudah mengetahui adanya libur nasional karena Pilkada, namun biasanya puskesmas tetap buka saat liburan, seperti pada liburan Lebaran lalu. "Tidak tahu kalau puskesmas ikut libur," ujar Artati. Ia menyayangkan tidak adanya pemberitahuan puskesmas ikut libur.

Artati berencana membawa ibunya ke rumah sakit swasta di pusat kota Bantul. Puskesmas 1 Bantul yang berada di Jalan Wahid Hasyim, Palbapang Bantul tutup sejak pagi. Dari pintu ada pemberitahuan bahwa layanan Puskesmas Bantul 1 libur berkaitan dengan Kepres 14/2018 Tentang Hari Pemungutan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota Sebagai Hari Libur.

Kondisi serupa juga terjadi di Puskesmas Kasihan II. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bantul menyayangkan dengan tutupnya layanan kesehatan di beberapa kecamatan tersebut.

Anggota Komisi Kesehatan DPRD Bantul, Subhan Nawawi mengatakan meski libur nasional layanan kesehatan tidak boleh libur. "Waktu liburnya harusnya diiatur agar layanan kesehatan tetap ada yang jaga, jangan tutup kasihan masyarakat yang mau berobat," ujar Subhan.

Kolega Subhan di Komisi D, Sigit Nursyam Riyanto juga menekankan agar tiap kecamatan ada unit layanan kesehatan yang buka, meski tidak semua puskesma buka. Ia memahami sumber daya manusia (SDM) di bidang kesehatan terbatas, namun layanan kesehatan tidak boleh terganggu.

Sekretaris Dinas Kesehatan Bantul Nanik Istitarini saat dimintai konfirmasi membenarkan beberapa puskesmas di Bantul memang tutup karena terbatasnya SDM. Sementara petugas juga perlu mendapatkan hak liburnya. Namun demikian ia memastikan dari 27 puskesmas, 15 puskesmas yang melayani rawat inap tetap buka 24 jam meski libur. Ia sudah mengecek langsung ke-15 puskesmas tersebut membuka layanan.

Sementara puskesmas yang hanya melayani rawat jalan tutup. Pihaknya sudah mempertimbangkan puskesmas yang tutup dan puskesmas yang harus tetap buka. Masyarakat yang akan berobat bisa mengakses puskesmas terdekat lainnya, "Misalnya Puskesmas Bantul 1 tutup itu berdekatan dengan Rumah Sakit Panembahan Senopati dan PKU Muhammadiyah Bantul. Puskesmas Kasihan II bisa mengakses ke Puskesmas Kasihan I atau Puskesmas Sewon 1," ujar Nanik.

Nanik menyadari beberapa puskesmas yang tutup belum sempat memberitahukan ke masyarakat sebelumnya, karena surat edaran libur bersama juga baru diterima pada Selasa (26/6/2018) sore.

Bupati Bantul Suharsono mengeluarkan Surat Edaran Nomor 061/02616 sebagai tindaklanjut Kepres Nomor 14/2014. Selain menetapkan 27 Juni sebagai libur nasional, Suharsono menekankan agar pelayanan tetap berjalan.

Beberapa instansi yang mempunyai fungsi pelayanan langsung, seperti rumah sakit, puskesmas, pemadam kebakaran, keamanan, agar pimpinan unit kerja/ satuan bisa mengatur penugasan pegawai pada hari libur naional yang ditetapkan, "Sehingga pemberian pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan sebagaimana mestinya," kata Suharsono dalam edarannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Viral! Istri Siri Polisi Curhat Alami KDRT, Kompolnas Surati Kapolda Kepri

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 21:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement