Advertisement

Caleg DPR dari DIY Masih Diikuti Wajah Lama

I Ketut Sawitra Mustika
Rabu, 18 Juli 2018 - 05:50 WIB
Bhekti Suryani
Caleg DPR dari DIY Masih Diikuti Wajah Lama Bendera partai politik. - Solopos/Maulana Surya

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Anggota DPR RI petahana dari dapil DIY akan kembali bertarung pada Pemilu Legislatif 2019 nanti. Mereka akan berusaha mempertahankan kursi yang sudah didapat pada pemilu sebelumnya.

Sekretaris DPD Partai Gerindra DIY Dharma Setiawan memastikan, Andika Pandu Puragabaya, Anggota DPR RI periode 2014-2019 dari Fraksi Gerindra, akan kembali bertarung pada Pileg 2019. "Dari dapil DIY sudah pasti Pandu sebagai petahana akan maju," jelasnya di Kompleks Kepatihan, Selasa (17/7/22018).

Advertisement

Pandu merupakan politisi muda kelahiran Malang, 17 Maret 1986. Ia berhasil menjadi anggota DPR RI 2014-2019 setelah memperoleh 72.290 suara untuk dapil DIY. Dikutip dari Wikidpr.org, Pandu adalah anak dari mantan Panglima TNI Djoko Santoso. Tidak ada rekam jejak signifikan di luar Gerindra, selain pernah aktif di Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan TNI-Polri (FKPPI) Yogyakarta.

Dharma menambahkan, tokoh populer lain yang maju jadi bacaleg DPR RI melalui dapil DIY adalah Danang Wicaksana. Danang sebelumnya pernah mencalonkan diri sebagai Wakil Bupati Sleman, tapi kalah oleh pasangan Sri Purnomo dan Sri Muslimatun. "Pak Prabowo [Ketua Umum Gerindra] menugaskan [Danang] untuk maju di DPR RI dan saya ditugaskan untuk memenangkannya di sini."

Sementara Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) masih menjagokan Agus Sulistiyono di dapil DIY. Agus sudah dua kali jadi anggota DPR RI secara berturut-turut. Ia kini bertugas di komisi VII yang membidangi urusan sumber daya mineral, riset & teknologi, lingkungan hidup.

Agus mengonfirmasi sendiri pencalonan kembali dirinya sebagai bacaleg DPR RI. "Ya, saya mencalonkan kembali dari dapil DIY."

Agus mengatakan, strategi yang akan dipakai agar kembali terpilih adalah dengan memperjuangkan aspirasi masyarakat yang diwakili. Itu menurutnya merupakan kewajiban. Selain itu, salah satu agenda utama yang diusung adalah merealisasikan RUU Pondok Pesantren dan Madrasah.

Jika RUU ini bisa direalisasikan, masyarakat, kata Agus, akan mendapatkan beberapa keuntungan. "Nantinya dukungan dari pemerintah layaknya UU Pendidikan. Lulusan pondok pesantren juga akan diakui."

Sebelumnya, Ketua DPD PDI-P DIY Bambang Praswanto juga memastikan dua petahana asal dapil DIY, yakni Idham Samawi dan Esti Wijayati akan kembali ikut Pileg 2019. Begitu pun dengan PAN. Ketua DPW PAN DIY Nazzarudin juga menyatakan Hanafi Rais akan kembali maju.

Sedangkan Golkar tak mengusung petahana, sebab Titiek Soeharto pindah ke Partai Berkarya. Pada Pileg 2019 nanti, calon Golkar yang akan bertarung lewat dapil DIY adalah Gandung Pardiman. Ia merupakan mantan anggota DPR RI periode 2009-2014.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement