Advertisement

Awas, Ombak 8 Meter Terjang Laut Gunungkidul

Herlambang Jati Kusumo
Rabu, 18 Juli 2018 - 17:20 WIB
Arief Junianto
Awas, Ombak 8 Meter Terjang Laut Gunungkidul Ilustrasi gelombang di pantai. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Kenaikan tinggi gelombang laut selatan yang diprediksikan terjadi, Rabu (18/7/2018) mulai terlihat di kawasan pantai selatan di Gununungkidul.

Koordinator SAR Satlinmas Korwil II Gunungkidul, Marjono mengatakan saat ini kenaikan mencapai tiga-empat meter, dan diprediksi akan kembali naik pada malam hari. "Dari informasi yang diperoleh dari situs stomsurf, puncak tinggi gelombang memang diprediksi hari ini dengan ketinggian gelombang sekitar 27,5 kaki atau delapan meter," kata Marjono, Rabu.

Advertisement

Bahkan kenaikan tinggi gelombang sudah terjadi beberapa hari terakhir ini. Dikatakan Marjono dalam beberapa hari terakhir nelayan juga sudah mulai menepikan kapalnya.

Sedangkan soal kunjungan wisatawan sendiri menurut Marjono saat ini masih cukup banyak pengunjung yang berwisata ke pantai di Gunungkidul. Pasalnya, saat ini di beberapa titik berbarengan dengan kegiatan Rasulan yang menarik wisatawan.

Ketua Paguyuban Nelayan Pantai Baron, Sumardi mengatakan beberapa hari nelayan memang sudah tidak melaut selain karena memang gelombang sedang tinggi, juga banyak kegiatan lain. "Ya biasa pergantian musim seperti ini gelombang tinggi, sudah beberapa hari tidak melaut. Selain juga sedang ada kegiatan bersih desa," kata Sumardi.

Hal yang sama juga terjadi di Pantai Sadranan, Kecamatan Tepus. Pengelola wisata snorkeling di pantai itu menghentikan sementara sampai kondisi aktivitas tersebut hingga gelombang beranjak normal. "Kesepakatan warga dan pengelola untuk menghentikan sementara, karena gelombang tinggi. Demi keamanan tentunya, nanti jika sudah normal akan kami buka lagi," kata Pengelola Pondok Wisata Snorkeling Wito.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement