Advertisement

Pengosongan Lahan Bandara Diwarnai Kekerasan, Seorang Perempuan Mengaku dipukul Polisi

Uli Febriarni
Jum'at, 20 Juli 2018 - 05:50 WIB
Bhekti Suryani
Pengosongan Lahan Bandara Diwarnai Kekerasan, Seorang Perempuan Mengaku dipukul Polisi Seorang warga yang mengaku mendapat tindakan kekerasan dari aparat pengamanan saat pengosongan, di Dusun Kragon II, Desa Palihan, Kamis (19/7/2018). - Harian Jogja/Uli Febriarni

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO- Tahapan pengosongan lanjutan di atas lahan Izin Penetapan Lokasi (IPL) New Yogyakarta International Airport (NYIA) mendapat perlawanan dari warga penolak. Satu di antara mereka mengaku terluka karena diduga mendapatkan tindakan kekerasan dari aparat kepolisian.

Seorang warga penolak Dusun Kragon II, Desa Palihan, Ika Rochyanti mengatakan, saat itu ia sedang berdoa di dalam rumahnya. Namun kemudian, datang Polisi Wanita (Polwan) yang terlihat sudah cukup berumur dan mengenakan rompi namun tak terlihat nama yang tersemat. Setelah itu, Polwan itu memberitahunya bahwa rumahnya harus segera dikosongkan.

Advertisement

Ia sempat emosi, karena tidak terima rumahnya yang tidak diserahkan kepada proyek NYIA harus tetap dikosongkan. Ia tetap bertahan di dalam rumah dan di tempatnya berada. Kemudian, polwan tersebut memintanya berhenti mengaji dan menarik kitab suci yang dipegangnya. Ika mengaku, dipukul di bagian wajah, saat berada di luar rumah setelah digotong ke luar.

"Mungkin karena saya cerewet lalu ditonjok. Saya luka di sini [memegang hidup sebelah kanan], sempat berdarah lalu saya lap pakai mukena," kata dia, sambil menunjukkan mukena yang terkena bercak bekas darah, Kamis (19/7/2018).

Seorang warga penolak yang tergabung dalam Paguyuban Warga Penolak Penggusuran Kulonprogo, Sofyan menyebutkan, apa yang dilakukan warga bukanlah tindakan menghalang-halangi pekerjaan proyek. Melainkan mencegah rumah milik mereka dirobohkan, ia menyayangkan pihak proyek menggunakan asas konsinyasi sebagai cara untuk membenarkan tindakan pengosongan. Padahal, dalam pandangan PWPP KP, konsinyasi memiliki kecacatan. "Tapi mereka tidak menggubris," kata dia.

Selain itu, ia juga menyayangkan tidak dihadirkannya Komnas HAM dalam kegiatan pengosongan, padahal pihak proyek NYIA mengatakan akan menghadirkan lembaga perlindungan HAM tersebut ke lokasi pengosongan.

Kapolres Kulonprogo, AKBP Anggara Nasution menyebutkan, hingga saat ini tidak ada laporan dari masing-masing ketua tim perihal adanya Polwan yang memukul warga sampai terluka. Kendati demikian ia membenarkan adanya dorong-dorongan antara warga dan petugas saat berlangsungnya pengosongan. Termasuk terjadinya aksi lempar tanah dari warga ke petugas.

"Saya tindaklanjuti apabila ada laporan. Kami pelajari kejadian sebenarnya kalau memang ada laporan," terangnya.

Anggara menambahkan, pada kegiatan hari ini, terdapat 700 personel gabungan dikerahkan untuk mengamankan kegiatan pengosongan IPL. Terdiri dari kepolisian, tentara, Sat Pol PP. Ada pula 80 orang relawan yang membantu dalam memindahkan barang-barang milik warga.

"Pengamanan dilakukan dengan bertindak secara persuasif, mengutamakan negosiasi. Sehingga warga penolak bisa terwadahi [keinginannya], mau dibawa ke mana barang-barang mereka [oleh armada] yang sudah disiapkan oleh Pemda dan Angkasa Pura I," kata dia.

Standar operasional yang ditetapkan, aparat menjelaskan terlebih dahulu perihal kegiatan pengosongan, pembacaan maklumat keputusan hukum pembebasan lahan oleh Angkasa Pura I kepada pemilik rumah. Apabila mereka sudah menyetujui, barang dikeluarkan oleh relawan.

"Sampai sejauh ini tidak ada hal-hal yang mengganggu jalannya pekerjaan lanjutan. Situasi kondisi pekerjaan lanjutan lancar tanpa halangan. Saya rencanakan pengamanan berlangsung sampai tiga hari, 21 Juli 2017. Tapi melihat situasi dan kondisi, kalau cukup sehari ya sehari atau perlu dilanjutkan besok melihat dari pemrakarsa," tuturnya.

Ia berharap, seluruh pihak bisa mendoakan agar seluruh warga yang masih bertahan di rumahnya di atas IPL, bisa meninggalkan dan pindah dengan kesadaran dan sukarela.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 2 hours ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Ungkap Mantan Kepala Bea Cukai Jogja Lakukan Pencucian Uang Capai Rp20 Miliar

News
| Sabtu, 20 April 2024, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement