Inilah Kemeriahan HUT Ke-73 Kemerdekaan RI di Desa Wisata

Anak-anak ikut serta dalam lomba 17-an di Desa Wisata Wukirsari Umbulharjo, Cangkringan. - Ist/BCA
20 Agustus 2018 19:17 WIB Abdul Hamied Razak Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN-Perayaan HUT Ke-73 Kemerdekaan RI tahun ini terus menggema di tengah masyarakat melalui berbagai kegiatan. Rangkaian perlombaan dengan cara unik disesuaikan dengan setiap ciri khas pariwisata desa wisata masing-masing.

Executive Vice President Corporate Social Responsibility (CSR) BCA Inge Setiawati mengatakan pihaknya turut memeriahkan HUT RI dengan beragam kegiatan di enam desa wisata binaan. "Sederet kegiatan ini kami gelar untuk mengingatkan kembali perjuangan kemerdekaan dengan mempersatukan seluruh masyarakat dalam kebersamaan," katanya melalui rilis yang diterima Harianjogja.com, Senin (20/8/2018).

Di Desa Wisata Wukirsari Umbulharjo, Cangkringan deretan lomba 17-an memberikan edukasi kepada generasi muda melalui lomba melukis dan membuat baju Wayang. "Desa ini dikenal sebagai salah satu destinasi wisata wayang. Masyarakat baik dari dalam maupun luar negeri seperti Swiss, Perancis, Belanda dan Jepang pernah belajar kesenian wayang di desa ini," katanya.

Selain Desa Wukirsari, Desa Wisata Pentingsari Cangkringan yang juga desa binaan BCA menjadi salah satu pelopor desa wisata di Jogja. Dengan sejuta wisata alam dan wisata budaya yang menjadi daya tariknya, pihaknya menggelar lomba foto. Perayaan kemerdekaan lainnya digelar di Dusun Gelaran, Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul. Di lokasi wisata Goa Pindul ini masyarakat mengikuti lomba funbike, mewarnai untuk anak TK dan PAUD, permainan mengisi air ke pipa bolong.

Perayaan yang tidak kalah seru juga digelar di Desa Bukit Peramun Belitung dengan lomba hiking ke bukit peramun sembari berburu bendera, Desa Terong Belitung dengan lomba berenang membawa buah kelapa dan Desa Gemah Sumilir Pekalongan dengan lomba senam kreasi Indonesia. "Kami ingin memberikan kontribusi lebih, khususnya kepada masyarakat desa wisata binaan,” katanya.