Advertisement

Seekor Hiu Terdampar di Pantai Parangkusumo, Insangnya Sempat Bergerak sebelum Akhirnya Mati

Ujang Hasanudin
Senin, 27 Agustus 2018 - 10:58 WIB
Nina Atmasari
Seekor Hiu Terdampar di Pantai Parangkusumo, Insangnya Sempat Bergerak sebelum Akhirnya Mati Seekor ikan hiu terdampar di Pantai Parangkusumo, Kretek, Bantul, Senin (27/8/2018). - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Seekor ikan hiu terdampar di Pantai Parangkusumo, Kretek, Bantul, Senin (27/8/2018). Hiu paus atau disebut geger lintang itu ditemukan sekitar pukul 04.30 WIB di sisi barat Parangkusumo.

Saat ditemukan pertama kali oleh warga, hiu itu masih dalam keadaan hidup, "Tandanya masih hidup insang dan mulut masih bergerak-gerak," kata Wakil Direktur Polisi Air Polda DIY, AKBP Heri S, di lokasi kejadian.

Advertisement

Namun lebih dari satu jam ikan dengan panjang sekitar empat meter, diameter sekitar satu meter itu diperkirakan sudah mati, karena sudah tidak ada gerakan.

Petugas Polair dan Tim Search dan Rescue (SAR) Bantul berupaya menarik hiu dari bibir pantai menuju daratan, namun belum berhasil. Dua kendaraan tidak mampu menderek ikan dengan berat diperkirakan lebih dari satu ton tersebut.

Hingga pukul 09.50 WIB Hiu Paus masih dibiarkan di bibir pantai. Polisi masih menunggu Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) untuk memeriksa lebih lanjut penyebab hiu tersebut terdampar.

Sementara itu kejadian terdamparnya hiu kemerahan dengan banyak bintang-bintang di bagian punggung hiu itu menjadi tontonan warga. Momen tersebut menjadi ajang swafoto. Subini dan Endang di antaranya, keduanya mendapat informasi hiu terdampar sekitar pukul 07.30 WIB dari temannya melalui pesan singkat whatsapp.

"Tadi setelah jalan sehat selesai langsung kesini mau lihat hiu," kata Subini. Lokasi jalan sehat di Dusun Gading Lumbung, Donotirto, Kretek, yang berjarak sekitar 6 kilometer dari Parangkuumo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jelang Lebaran, PLN Hadirkan 40 SPKLU Baru di Jalur Mudik untuk Kenyamanan Pengguna Mobil Listrik

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement