Advertisement

Sambut NYIA, Pemkab & Kemenhub Kembali Gelar Pelatihan Kebandaraan

I Ketut Sawitra Mustika
Rabu, 03 Oktober 2018 - 14:15 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Sambut NYIA, Pemkab & Kemenhub Kembali Gelar Pelatihan Kebandaraan Suasana pelatihan bahasa Inggris di salah satu ruang kelas di BPM, beberapa waktu lalu. Harian Jogja/Uli Febriarni

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Pelatihan kebandaraan tanpa biaya atau beasiswa pelatihan kembali dibuka Pemkab Kulonprogo. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatan kompetensi dan produktivitas tenaga kerja.

Dalam melaksanakan pelatihan, Pemkab Kulonprogo bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan melalui Balai Pendidikan Pelatihan Penerbangan Curug (BP3 Curug), serta Himpunan Penyelenggara Pendidikan Pelatihan Pramugari dan staf Airlies (HIP4S).

Advertisement

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans) Kulonprogo pada tahap ini membuka pelatihan yang terdiri dari beberapa diklat di antaranya pasasi atau groundhandling tiga kelas, cargo handling empat kelas, porter handling tiga kelas, airport cleaning tiga kelas, ticketing reservation tiga kelas, customer service empat kelas, ramp handling dua kelas dan airfact cleaning dua kelas. Pelatihan tersebut dibuka dalam dua periode dengan total kuota 600 orang.

Kepala Disnakertrans Kulonprogo, Eko Wisnu Wardhana, mengatakan pendaftaran pelatihan periode satu sudah dimulai sejak 25 September dan akan berakhir pada 6 Oktober 2018. Sedangkan tes seleksi dilaksanakan pada 8 hingga 9 Oktober 2018. Peserta yang lolos akan diumumkan Rabu (10/10/2018).

“Pembukaan diklat kebandaraan akan dilaksanakan pada 12 Oktober dan pelaksaan diklat dimulai 15-30 Oktober selama 14 hari. Pelatihan periode dua dengan kuota 300 peserta, pendaftarannya akan dimulai pada 8 hingga 20 Oktober mendatang, sedangkan tahap seleksi dimulai pada 22-23 Oktober 2018. Peserta yang lolos diumumkan pada 24 Oktober. Diklat akan dilaksanakan 29-15 November 2018,” katanya seperti dalam rilis yang diterima Harian Jogja, Senin (1/10/2018).

Eko mengungkapkan, untuk menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam menyongsong berbagai pembangunan di Kulonprogo, angkatan kerja perlu dipersiapkan sejak awal agar bisa menjadi tenaga kerja yang terampil.

“Warga masyarakat Kulonprogo diharapkan dapat mempunyai lima senjata untuk memasuki dunia kerja agar dapat berkompetisi sesuai kebutuhan industri atau perusahaan, yaitu karakter, keterampilan, sertifikat, lisensi, dan pengalaman kerja. Untuk pendaftaran dapat dilayani di Disnakertrans atau menghubungi nomor 0274 774639," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ditangkap di Kontrakannya, Begini Tampang Pelaku Pemerasan Penumpang Grab Car

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement