Properti Dirusak Gerombolan Bercadar, Disbud Bantul : Yang Terlibat Sedekah Laut Berbagai Agama

Ilustrasi sedekah laut - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara
14 Oktober 2018 08:50 WIB Ujang Hasanudin Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL- Kepala Dinas Kebudayaan (Disbud) Bantul, Sunarto saat dimintai konfirmasi terkait gagalnya pelaksanaan upacara sedekah laut di Pantai Baru akibat properti dirusak gerombolan bercadar, mengaku belum mengetahui detail kejadiannya.

Namun demikian, Sunarto mengatakan tradisi sedekah laut di Pantai Baru sudah lama dilaksanakan dengan cara sederhana. Baru tahun ini digelar besar-besaran yang melibatkan banyak pihak. Semua yang terlibat pun dari berbagai penganut agama.

Pihaknya tidak memfasilitasi dalam penganggaran acara tersebut, melainkan murni atas inisiatif masyarakat. Ia juga bingung jika acara sedekah laut dikaitkan dengan agama, "Memang harus duduk bersama baiknya bagaimana. Perlu ada sosialisasi dan penyadaran kepada semua pihak," kata Sunarto.

Sunarto sudah menghubungi langsung penyelenggara acara tersebut dan masyarakat sementara menerima bahwa upacara sedekah laut sementara tidak dilaksanakan untuk meredam suasana. Ia juga tidak ingin terlalu jauh mengomentari kejadian tersebut, "Kebetulan ini sedang pilurdes [pemilihan lurah desa]," kata dia.