Asyik, Bakal Ada 2 Sentra Kuliner di Bantul

Bupati Bantul Suharsono, saat meninjau Pasar Kuliner di Lapangan Demi, Wukirsari, Imogiri, Kamis (5/4/2018). - Harian Jogja/Ujang Hasanudin
23 Oktober 2018 18:20 WIB Ujang Hasanudin Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL--Sebanyak dua pasar kuliner yang akan diisi oleh pedagang kaki lima (PKL) yang selama ini mangkal di pinggir jalanm bakal dibangun di Bantul.

Kedua pasar kuliner tersebut berlokasi di Lapangan Karangtalun, Imogiri dan Desa Donotirto Kretek. Kedua pasar kuliner masing-masing dibangun 50 kios semipermanen dengan total anggaran lebih kurang Rp1,3 miliar. "Pembangunan sudah dimulai dan rencananya Desember sudah bisa beroperasi," kata Kasi Sarana dan Prasarana Dinas Perdagangan Bantul, Zona Paramitha, Selasa (23/10).

Dengan dibangunnya dua pasar kuliner, maka tahun ini total sudah ada tiga pasar kuliner yang dibangun. Sebelumnya pasar kuliner sudah dibangun semi permanen di lapangan Demi, Wukirsari, Imogiri, yang diresmikan Maret lalu.

Zona mengatakan pasar kuliner di Karangtalun untuk mengakomodir PKL di sepanjang Jalan Imogiri, Desa Karangtalun. Keberadaan PKL tersebut dianggap mengganggu lalu lintas kendaraan, khususnya kendaraan wisatawan yang menuju Dlingo dan Makam Raja. Sementara di Donotirto mengakomodasi PKL sekitar Pasar Angkruksari.

Dua pasar kuliner itu juga didesain sebagai rest area atau tempat istirahat kendaraan wisatawan sehingga Zona mengklaim akan ramai pembeli. Sementara soal jumlah yang direlokasi, Zona mengaku masih dalam pendataan, "Data resmi yang masuk baru 23 PKL di Karangtalun. Yang di Angkruksasi masih pendataan," kata dia.

Dalam pendataan PKL, pihaknya bekerjasama dengan Asosiasi Pedagang Kaki Lima (Apkli) Bantul yang lebih memahami PKL.