Advertisement

Asyik, Bakal Ada 2 Sentra Kuliner di Bantul

Ujang Hasanudin
Selasa, 23 Oktober 2018 - 18:20 WIB
Arief Junianto
Asyik, Bakal Ada 2 Sentra Kuliner di Bantul Bupati Bantul Suharsono, saat meninjau Pasar Kuliner di Lapangan Demi, Wukirsari, Imogiri, Kamis (5/4/2018). - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Sebanyak dua pasar kuliner yang akan diisi oleh pedagang kaki lima (PKL) yang selama ini mangkal di pinggir jalanm bakal dibangun di Bantul.

Kedua pasar kuliner tersebut berlokasi di Lapangan Karangtalun, Imogiri dan Desa Donotirto Kretek. Kedua pasar kuliner masing-masing dibangun 50 kios semipermanen dengan total anggaran lebih kurang Rp1,3 miliar. "Pembangunan sudah dimulai dan rencananya Desember sudah bisa beroperasi," kata Kasi Sarana dan Prasarana Dinas Perdagangan Bantul, Zona Paramitha, Selasa (23/10).

Advertisement

Dengan dibangunnya dua pasar kuliner, maka tahun ini total sudah ada tiga pasar kuliner yang dibangun. Sebelumnya pasar kuliner sudah dibangun semi permanen di lapangan Demi, Wukirsari, Imogiri, yang diresmikan Maret lalu.

Zona mengatakan pasar kuliner di Karangtalun untuk mengakomodir PKL di sepanjang Jalan Imogiri, Desa Karangtalun. Keberadaan PKL tersebut dianggap mengganggu lalu lintas kendaraan, khususnya kendaraan wisatawan yang menuju Dlingo dan Makam Raja. Sementara di Donotirto mengakomodasi PKL sekitar Pasar Angkruksari.

Dua pasar kuliner itu juga didesain sebagai rest area atau tempat istirahat kendaraan wisatawan sehingga Zona mengklaim akan ramai pembeli. Sementara soal jumlah yang direlokasi, Zona mengaku masih dalam pendataan, "Data resmi yang masuk baru 23 PKL di Karangtalun. Yang di Angkruksasi masih pendataan," kata dia.

Dalam pendataan PKL, pihaknya bekerjasama dengan Asosiasi Pedagang Kaki Lima (Apkli) Bantul yang lebih memahami PKL.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement