Realisasi Program Smart City Kulonprogo Dipercepat

Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo, memberikan pengarahan dalam penilaian kinerja OPD beberapa waktu lalu. - Harian Jogja/Uli Febriarni
04 November 2018 14:15 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGOPemkab Kulonprogo terus mempercepat realisasi program smart city dan quick win di Bumi Binangun. Saat ini bimbingan teknis (bimtek) penyusunan kedua program tersebut telah memasuki tahap akhir.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kulonprogo, Rudiyatno, mengatakan tahap terakhir bimtek yang dilangsungkan pada Kamis (1/11/2018) hingga Jumat (2/11/2018) menghasilkan sebuah buku masterplan smart city yang disusun dengan melibatkan dan menampung usulan organisasi perangkat daerah (OPD). "Nantinya buku ini menjadi roadmap atau peta jalan program smart city di Kulonprogo," ujar Rudi, Jumat.

Dijelaskan Rudi, sebelum bimtek menuju smart city berakhir, jawatannya telah mengadakan kegiatan serupa yakni tahap pertama pada Juli, tahap kedua pada Agustus, serta tahap ketiga pada Oktober. Adapun pada tahap keempat akan difinalisasi masterplan smart city Kulonprogo. "Untuk memantapkan komitmen dan dukungan implementasinya Bupati dan seluruh kepala OPD menandatangani naskah komitmen pelaksanaan pembangunan smart city,” ujarnya.

Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo, mengatakan wilayah Kulonprogo merupakan satu di antara 50 kabupaten/kota yang terpilih menjadi bagian dari program smart city. Dia berharap pelayanan Pemkab kepada masyarakat dapat lebih cepat, efisien, memudahkan warganya dalam aksebilitas, terutama pelayanan yang akan berdampak bagi kesejahteraan masyarakat. "Diharapkan seluruh stakeholder konsisten, berkomitmen serta kompak melaksanakan Kulonprogo Smart City untuk Kulonprogo yang lebih baik," kata Hasto, Jumat.

Untuk menunjang kesuksesan program ini evaluasi ke seluruh OPD dilakukan tiap tiga bulan sekali. Hal ini juga untuk mempercepat implementasi quick win. "Sehingga OPD yang masih kuning dan merah bisa belajar lebih keras lagi,” ujar Hasto.