Advertisement

Gegara Hoaks soal Pohon Tumbang, Petugas TRC Jogja Kecele

Abdul Hamied Razak
Rabu, 14 November 2018 - 13:20 WIB
Arief Junianto
Gegara Hoaks soal Pohon Tumbang, Petugas TRC Jogja Kecele Petugas TRC BPBD Jogja berkumpul di kompleks Benteng Vredeburg setelah menerima laporan pohon tumbang di kawasan itu yang ternyata hoaks, Selasa (13/11/2018). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Memasuki pergantian musim, angin kencang hingga hujan deras melanda wilayah Jogja. Sejumlah pohon ikut tumbang.

Selain mewaspadai dampak bencana, masyarakat juga harus berhati-hati atas maraknya hoaks yang mengabarkan soal bencana. Setidaknya akibat hoaks tersebut, Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jogja kecele.

Advertisement

Hoaks itu diterima petugas TRC BPBD Jogja pada Selasa (13/11/2018). Di kabar itu disebutkan adanya pohon tumbang yang menimpa sebuah mobil di kawasan Benteng Vredeburg, Jogja.
Ironisnya, kabar itu dengan cepat tersebar di media sosial lengkap dengan foto sebuah pohon besar menimpa bagian atap mobil berwarna putih hingga remuk.

Sesampainya petugas TRC BPBD Jogja di Benteng Vredeburg, pohon besar yang tumbang dan menimpa sebuah mobil ternyata tidak ada. "Padahal tim sudah sampai Vredeburg ternyata tidak ada. Setelah ditelusuri kejadian ada di Solo, bukan di Jogja," kata Kepala Pelaksana BPBD Jogja Hari Wahyudi, Rabu (14/11/2018).

Dia mengaku, pada Selasa siang sekitar pukul 14.10 WIB memang ada kejadian pohon tumbang berdiameter 30 sentimeter dan tinggi 10 meter. Kejadiaannya di wilayah Warungboto Umbulharjo, bukan di sekitar Titik Nol Jogja atau Benteng Vredeburg. "Penyebabnya usia pohon sudah rapuh atau lapuk. Pohon sempat menimpa kabel listrik PLN, sekarang sudah terkondisikan," katanya.

Oleh karena itu dia berharap masyarakat bisa selektif menyaring informasi sebelum menyebarkannya. Apalagi jika hal itu terkait dengan informasi kebencanaan. "Ya, kami hanya bisa mengimbau. Masalahnya persebaran berita di medsos itu kecepatannya sangat luar biasa. Mudah-mudahan, teman-teman sukarelawan dan TRC tetap semangat [meski kecele] karena mereka bergerak demi kemanusiaan," katanya.

Di samping itu, Hari tetap berharap masyarakat tetap mewaspadai potensi munculnya bencana selama awal musim penghujan saat ini. Selain potensi genangan, angin kencang, hingga pohon tumbang. (Abdul Hamid Razak)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jelang Lebaran, PLN Hadirkan 40 SPKLU Baru di Jalur Mudik untuk Kenyamanan Pengguna Mobil Listrik

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement