Advertisement

Mulai 2019, Masuk Tebing Breksi Mesti Bayar Tiket

Yogi Anugrah
Rabu, 14 November 2018 - 07:50 WIB
Bhekti Suryani
Mulai 2019, Masuk Tebing Breksi Mesti Bayar Tiket wisatawan berfoto dengan latar pahatan figur wayang di Tebing Breksi di Prambanan. - Harian Jogja/Fahmi Ahmad Burhan

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Mulai 1 Januari 2019, kawasan wisata Tebing Breksi akan menerapkan tiket masuk. Harga tiket masuk kawasan tersebut ditetapkan sebesar Rp5.000 untuk wisatawan domestik dan Rp10.000 untuk wisatawan mancanegara.

Tebing Breksi kini dikelola sebagai Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Sleman.

Advertisement

"Selama ini kan hanya bayar Rp2.000 untuk parkir dan seikhlasnya untuk biaya masuk," kata Kepala Desa Sambirejo, Mujimin sesaat setelah peresmian Badan Usaha Milik Desa Wisata Desa Terpadu (Bumisadu) BUMDEs Sambimulyo, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Sleman pada Selasa (13/11/2018).

Tiket masuk itu mulai diberlakukan pada 2019. Sebelum ada BUMDes, katanya, wisata Tebing Breksi dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Lowo Ijo.

"12 persen dari pendapatan Lowo Ijo masuk ke Pendapatan Asli Desa," ungkapnya.

Lebih lanjut, dengan adanya BUMDES Sambimulyo, Lowo Ijo akan bergabung sebagai salah satu unit kerja BUMDes dan anggotanya akan diangkat menjadi karyawan BUMDes.

Mujimin berharap, dengan terbentuknya BUMDes ini, pengelolaan tebing breksi bisa lebih tertata sehingga mampu mengangkat perekonomian masyarakat di wilayahnya.

Kepala Dinas Pariwisata Sleman Sudarningsih mengatakan kawasan wisata Tebing Breksi merupakan destinasi baru yang memenangkan penghargaan destinasi wisata baru pada 2017.

"Kami juga mendorong untuk memajukan destinasi wisata Lava Bantal di Berbah dan kawasan wisata Gunung Gamping di Gamping," ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement