Advertisement

Mobil Listrik Kaliurang Unisi Siap Berlaga di Bandung

Laila Rochmatin
Kamis, 15 November 2018 - 07:10 WIB
Laila Rochmatin
Mobil Listrik Kaliurang Unisi Siap Berlaga  di Bandung Tim mobil listrik UII. - IST

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA -- Menjelang penyelenggaraan Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (KMLI) X di Politeknik Bandung pada 14-17 November 2018, tim mobil listrik UII terus menyempurnakan persiapan. Salah satunya dengan berkunjung dan meminta dukungan moril pada pimpinan UII. Acara ini berlangsung di Gedung GBPH Prabuningrat, kampus terpadu UII pada Senin (12/11/2018).

Direktur Direktorat Pengembangan Bakat, Minat, dan Kesejahteraan Mahasiswa UII, Beni Suranto berpesan agar tim mobil listrik UII dapat menimba ilmu dan pengalaman sebanyak-banyaknya dari event tersebut. “Saya berharap ada capaian, target, dan inovasi yang diusung dalam kompetisi kali ini,” ujarnya.

Advertisement

Ia juga menambahkan pentingnya regenerasi kepengurusan tim mobil listrik UII sehingga ada keberlanjutan kiprah mobil listrik di tahun-tahun selanjutnya. “Di samping rajin berkompetisi dan mengikuti expo, ada baiknya tim mulai memikirkan riset pengembangan mobil listrik agar ke depannya ada prototipe produk yang dapat kita gunakan di lingkungan kampus,” kata dia.

Sementara itu, Project Manager Tim Mobil Listrik UII, Abdul Aziz menceritakan timnya intens berlatih menjelang KMLI X. Untuk berlatih, mereka menyewa lintasan di Stadion Maguwoharjo.

“Sesi latihan penting untuk menyamakan kondisi mobil dengan track lintasan yang akan dilalui di Bandung nanti. Sebab kami akan bertanding dengan tim mobil listrik dari 24 perguruan tinggi,” ucap dia.

Menurut Aziz, mereka tidak hanya fokus pada balapan namun juga bertekad memenangkan kategori lomba lain. Di antaranya seperti kategori presentasi tentang manajemen tim, elektrik, dan mekanik mobil. Selain itu juga terdapat kategori tes akselerasi dan pengereman mobil. Apabila berhasil meraih juara di tiga kategori itu maka kesempatan meraih juara umum akan lebih besar.

Mengusung mobil listrik versi 3.1, banyak pembaruan dan inovasi yang dibubuhkan pada kendaraan ini. Salah satunya yakni fitur telemetri yang dapat membaca data-data kondisi mobil ketika dipakai balapan. Data tersebut kemudian disimpan otomatis dalam data logger yang nantinya dapat dilihat dan diolah oleh tim mekanik.

“Masukan dari data logger sangat bermanfaat untuk penyempurnaan performa mobil dan memikirkan inovasi selanjutnya,” katanya.

Mobil Adaro Kaliurang Unisi 3.1 juga dilengkapi dengan fitur battery management system yang diklaim lebih baik teknologinya dalam pengisian baterai mobil. “Sekali pengisian, mobil dapat dipakai selama dua jam. Untuk KMLI X kami mematok kecepatan maksimal hingga 75 km/jam,” jelasnya.

Turut hadir dalam acara ini Wakil Dekan Bidang Keagamaan, Kemahasiswaan, dan Alumni FTI UII Sisdarmanto Adinandra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement