Advertisement

Mulai 1 Januari, Sejumlah Objek Wisata di Gunungkidul Dikenai Retribusi

Herlambang Jati Kusumo
Rabu, 02 Januari 2019 - 05:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Mulai 1 Januari, Sejumlah Objek Wisata di Gunungkidul Dikenai Retribusi Suasana objek wisata Gunung Gentong Gedangsari Gunungkidul atau biasa disebut dengan 4G di Desa Ngalang, Kecamatan Gedangsari, Minggu (31/12 - 2018).Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Sejumlah objek wisata di Gunungkidul yang sebelumnya belum dikenakan retribusi, mulai Selasa (1/1/2019) dikenakan retribusi.

Adapun sejumlah objek wisata tersebut Pantai Timang di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, lalu Pantai Gesing di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang yang dikenakan retribusi Rp5.000 termasuk jasa asuransi.

Advertisement

Selain kedua pantai tersebut, objek wisata di kawasan utara Gunungkidul yaitu di objek wisata Wonosadi, di Desa Beji, Kecamatan Ngawen dan wisata Gunung Gentong Gedangsari Gunungkidul atau biasa disebut dengan 4G di Desa Ngalang, Kecamatan Gedangsari juga mulai diberlakukan retribusi Rp3.000 termasuk asuransi.

Sekretaris Dinas Pariwisata (Dispar) Gunungkidul, Hary Sukmono mengungkapkan penarikan retribusi merupakan tindak lanjut dari Peraturan Daerah (Perda) dan berdasarkan Undang-Undang Nomor 28/2009 tentang pajak daerah dan retribusi daerah.

“Dengan diberlakukannya retribusi pemerintah memiliki kewajiban memberikan fasilitas. Terkait objek wisata yang belum dikenakan retribusi sangat mungkin dilakukan pungutan karena merupakan amanat Undang Undang, dan selama sudah siap memberi pelayanan lebih pastinya,” ujar Hary, Selasa (1/1/2018).

Dikatakan Hary penarikan retribusi ini juga sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Desa (Pemdes) maupun Kelompok sadar wisata (Pokdarwis) di objek wisata tersebut.

Penarikan retribusi tersebut nantinya akan menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD). Target PAD untuk pariwisata sendiri dikatakan Hary pada 2019 sekitar Rp28 Miliar. Pihaknyapun cukup optimis untuk mencapai target PAD tersebut.

Ketua Pengelola harian wisata 4G, Subadri mengungkapkan telah menerima informasi terkait rencana penarikan retribusi, pihaknyapun berharap setelah adanya retribusi nanti ada peningkatan di wisata 4G.

“Harapannya dalam sosialisasi nanti dapat baik komunikasinya, sehingga tidak ada kecemburuan pengelolaan. Selain itu harapannya tentu ada peningkatan-peningkatan fasilitas pendukung, agar semakin menarik wisatawan,” ujar Subadri.

Wisata 4G sendiri memiliki daya tarik pemandangan. Promosi wisata ini juga terus digencarkan, seperti beberapa waktu lalu yang dilakukan Dispar DIY dengan menggelar pentas seni tradisional di objek wisata tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 2 hours ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Ungkap Mantan Kepala Bea Cukai Jogja Lakukan Pencucian Uang Capai Rp20 Miliar

News
| Sabtu, 20 April 2024, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement