Dinas Ketertiban Akui Tak Bisa Gelar Penertiban Trotoar Jogja Sendirian

11 Oktober 2013 20:30 WIB Redaksi Solopos Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA-Dinas Ketertiban Kota Jogja menyatakan upaya penertiban trotoar untuk mengembalikan fungsinya perlu koordinasi lintas satuan kerja perangkat daerah (SKPD).

"Kami tidak bisa melakukan penertiban sendiri karena banyak hal yang perlu diperhatikan, seperti keberadaan pedagang kaki lima atau parkir kendaraan. Kami akan koordinasi dengan instansi yang berwenang," kata Kepala Dinas Ketertiban Kota Jogja, Nurwidi Hartana menanggapi http://www.harianjogja.com/baca/2013/10/11/banyak-trotoar-di-jogja-tak-bisa-diakses-difabel-455475" target="_blank">keluhan para penyandang disabilitas terkait tidak optimalnya fungsi trotoar di Jogja, Jumat (10/10/2013).

Menurut dia, instansi terkait tersebut di antaranya Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Pertanian, Dinas Perhubungan dan pihak kecamatan setempat.

"Secara prinsip, pemerintah sepakat apabila fasilitas untuk para penyandang disabilitas ini seharusnya bisa difungsikan secara optimal," kata dia.

Ia berharap agar para penyandang disabilitas bisa mengerti apabila proses penertiban atau pengoptimalan fungsi trotoar membutuhkan waktu.

"Mungkin proses yang dilalui terkesan lama, namun kami menjanjikan ada perubahan dalam hal aksesibilitas penyandang disabilitas saat menggunakan trotoar," kata dia.