Advertisement

Anggaran Terbatas, 2 Sekolah Di Kulonprogo Batal Direhab

Minggu, 23 Februari 2014 - 09:13 WIB
Nina Atmasari
Anggaran Terbatas, 2 Sekolah Di Kulonprogo Batal Direhab Para siswa MTsN Mlinjon Filial Srebegan di Kecamatan Ceper, Klaten belajar di ruang kelas yang masih tembok bata dan atap yang belum tertutup langit-langit. Pembangunan ruang kelas tersebut merupakan swadaya dari para guru dan komite karena kurangnya perhatian dari pemerintah. Foto diambil, Senin (2/12/2013). (Ayu Abriyani KP/JIBI - Solopos)

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO— Beberapa sekolah di Kabupaten Kulonprogo yang sempat tercantum akan menerima dana alokasi khusus (DAK) untuk rehabilitasi sekolah di tahun ini, seperti SDN Kradenan Sentolo dan SDN Banjarharjo dicoret.

Kasi Sarana dan Prasarana Disdik Kulonprogo, Yulianto, menuturkan, pencoretan dua sekolah tersebut karena keterbatasan anggaran DAK yang dialokasikan untuk perbaikan fisik SD di Kulonprogo.

Advertisement

Menurut dia, tahun ini Pemkab sempat menganggarkan untuk perbaikan fisik 12 sekolah dasar dengan anggaran Rp1 miliar. Akan tetapi, pada pengecekan ulang di lapangan yang dilakukan pada Januari lalu, justru masih ada sekolah lain yang harus diperbaiki mendesak, sehingga dua sekolah tersebut tidak diprioritaskan menerima DAK pada 2014.

“Kami belum tahu berapa banyak sekolah lagi yang akan dicoret karena pengecekan masih berlangsung,” ujarnya kepada wartawan, Jumat (21/2/2014).

Yuli mengatakan, dasar penganggaran untuk perbaikan 12 sekolah dengan asumsi besaran biaya yang dibutuhkan tidak lebih dari Rp100 juta per sekolah. Kenyataannya, ketiga SD tersebut membutuhkan biaya rehabilitasi minimal Rp200 juta karena perbaikan untuk empat ruang kelas. Biasanya, perbaikan untuk sekolah tidak lebih dari dua ruangan.

Secara keseluruhan, total anggaran DAK 2014 sekitar Rp6,5 miliar. Sebanyak Rp5,5 miliar akan digunakan untuk pengadaan buku kurikulum baru dan Rp1 miliar untuk fisik konstruksi termasuk rehabilitasi gedung sekolah yang rusak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Darurat, Kasus Demam Berdarah di Amerika Tembus 5,2 Juta, 1.800 Orang Meninggal

News
| Jum'at, 19 April 2024, 20:27 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement