WARTAWAN GADUNGAN : Mengaku Wartawan, Mencari Sumbangan di DPRD Bantul

Isi SMS wartawan gadungan di Bantul. (JIBI/Harian Jogja - Arief Junianto)
04 Juli 2015 14:21 WIB Arief Junianto Bantul Share :

Wartawan gadungan berulah di Bantul. Ia mencari sumbangan pada anggota DPRD

Harianjogja, BANTUL-Jelang Lebaran, sejumlah anggota DPRD Bantul mengaku 'diusili' oleh oknum wartawan gadungan yang mengaku berasal dari salah satu media cetak yang terbit di DIY.

Pambudi Mulya misalnya. Legislator dari Fraksi PDI Perjuangan ini mengakui, Kamis (2/7) lalu, dirinya menerima pesan singkat dari nomor handphone 0852315*****. Dalam pesan singkat itu, oknum wartawan gadungan yang mengaku bernama Lutfi tersebut berbasa-basi dengan
menyapa dan menanyakan kabar dari Pambudi.

"Awalnya sopan. Tanya kabar. Tapi karena tidak saya respon, dia kirim pesan singkat lagi dengan isi mengumpat dan mengata-ngatai saya," ucapnya.

Merasa terganggu, ia pun sempat mengonfirmasi hal itu kepada salah satu wartawan media cetak tersebut yang kebetulan bertugas di wilayah Bantul. Seperti yang ia duga sebelumnya, nama Lutfi itu pun tak terdaftar sebagai wartawan dari media cetak itu.

Hal serupa juga dialami oleh anggota Komisi B DPRD Bantul Suwandi. Ia mengaku mendapatkan pesan singkat yang berisikan permintaan bantuan dana untuk istrinya yang tengah berobat di RSUP dr.Sardjito.

Awalnya tak menaruh curiga, Suwandi pun membalasnya dengan sopan bahwa dirinya belum bisa memberikan bantuan uang. Tak lama, pesan singkat bernada umpatan juga diterima Suwandi dari oknum wartawan yang mengaku bernama Lutfi itu.

"Saya diminta membantu duit. Tapi saya balasnya kan cuma bisa bantu doa. La kok saya diumpat-umpat," aku Suwandi.

Begitu juga dengan Ketua DPRD Bantul Hanung Rahardjo. Sama dengan beberapa rekannya yang lain, ia pun menerima pesan singkat bernada sama. Hanya saja, lantaran ia yakin pesan singkat itu adalah sebuah upaya penipuan, ia pun tak meresponnya sama sekali.

Alasan yang digunakan oleh oknum itu, menurut Hanung terlalu klise. Itulah sebabnya, ia pun tak begitu menanggapi serius pesan singkat itu. "Saya tahu itu hanya tipu belaka. Maka dari itu, saya sama sekali ak respon," ucapnya.