PEMULANGAN ANGGOTA GAFATAR : Psikolog Minta Masyarakat Terima Anggota Gafatar yang Sudah Pulang

01 Februari 2016 01:20 WIB Jogja Share :

Ormas Gafatar telah dibubarkan dan anggotanya dipulangkan ke tempat asal masing-masing

Harianjogja.com, SLEMAN – Ribuan mantan pengikut Gerakan Fajar Nusantara (gafatar) telah dipulangkan ke daerah asalnya masing-masing. Masyarakat diharapkan mau menerima kembali para mantan pengikut gafatar ini.

Psikolog asal UGM, Prof Kwartarini W. Yuniarti mengatakan bahwa penerimaan oleh keluarga dan lingkungan merupakan cara yang cukup efektif untuk memulihkan kembali eks anggota Gafatar untuk kembali hidup bermasyarakat.

“Jika sudah ada kesadaran untuk kembali maka masyarakat harus menerima. Salah satunya dukungan yang paling pokok adalah dari keluarga, tetangga, serta lingkungan untuk mereka,” jelas Kwartini saat dihubungi Harian Jogja, Sabtu (30/1/2016).

Pendekatan secara psikologis diperlukan untuk para mantan anggota Gafatar ini. Bimbingan secara psikologis perlu diberikan oleh psikolog agar mereka yakin untuk menjalani kehidupan lagi di masyarakat secara normal.

“Bisa saja dilakukan melalui pendekatan realistis dengan meyakinkan mereka bahwa tidak mudah untuk mewujudkan keinginan memperoleh kehidupan yang sempurna seperti yang dijanjikan kelompok Gafatar,” lanjut Kwartarini.