Advertisement

KREDIT USAHA RAKYAT : Banyak KUR di Kulonprogo Salah Sasaran

Sekar Langit Nariswari
Selasa, 20 Desember 2016 - 16:55 WIB
Nina Atmasari
KREDIT USAHA RAKYAT : Banyak KUR di Kulonprogo Salah Sasaran

Advertisement

Kredit usaha rakyat di Kulonprogo banyak yang salah sasaran

Harianjogja.com, KULONPROGO-Serapan Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Kulonprogo dinyatakan masih cenderung rendah dibandingkan daerah lainnya. Selain itu, bantuan KUR juga seringkali masih salah sasaran dan diberikan kepada pengusaha skala besar.

Advertisement

Hal tersebut disampaikan oleh Niken Supriyanti, Kepala Sub Bagian Koperasi UKM dan Penanaman Modal Kanwil Dirjen Perbendaharaan Negara DIY pada Senin (19/12/2016).

Fakta tersebut disampaikan kepada audiens diskusi penguatan koperasi dan UMKM melalui KUR yang digelar di Setda Kulonprogo.

Menurutnya, masih ditemukan fakta di lapangan jika penerima KUR bukanlah pengusaha yang masuk dalam kategori UMKM. Padahal, sebagaimana yang diamanahkan Presiden Joko Widodo, kredit tersebut ditujukan untuk mengangkat pengusaha dengan skala kecil dan menengah.

Selain penyerapannya yang rendah, KUR yang telah dikucurkan juga masih belum merata. Niken menyebutkan ada temuan jika ternyata KUR diberikan kepada pengusaha yang memiliki showroom penjualan mobil.

Adapula temuan bahwa KUR ditawarkan kepada PNS. Lebih lanjut, sampai saat ini juga belum ada penyaluran KUR untuk TKI yang dilakukan di Kulonprogo.

Niken menerangkan jika sejauh ini telah dilakukan evaluasi akan implementasi KUR di Sleman dan Bantul. Mendatang, Kulonprogo dan Gunungkidul juga akan dilakukan evaluasi yang sama.

Dikatakan pula, KUR menjadi salah satu cara guna mengembangkan UMKM dan koperasi. Dalam jangka panjang, cara tersebut diprediksi mendukung kemandirian perekonomian nasional dan menyerap lebih banyak tenaga kerja.

Diakui jika menyasar UMKN yang tepat sebagai penerima KUR memang sulit dilakukan dengan keterbatasan SDM. Namun, diharapkan ada kerjasama dengan pemerintah daerah untuk merealisasikan KUR yang tepat sasaran. Pemerintah daerah juga diminta mampu melakukan seleksi koperasi yang bisa menyalurkan KUR.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement