Advertisement

Pendirian Sekolah Budi Pekerti Dibahas di Dewan

Sunartono
Rabu, 17 Mei 2017 - 09:22 WIB
Mediani Dyah Natalia
Pendirian Sekolah Budi Pekerti Dibahas di Dewan JIBI/Solopos/Ardiansyah Indra KumalaDalang cilik, Rakha Alfirdaus Hikmatyar memainkan wayang di SD Al Islam 2, Jamsaren, Solo, Kamis (19 - 12). Kegiatan wayang masuk sekolah tersebut untuk memberi pendidikan kepada siswa tentang budi pekerti.

Advertisement

Sekolah Budi Pekerti terus dipersiapkan

Harianjogja.com, JOGJA- Pemda DIY dan DPRD DIY menanggapi rencana Yayasan Danurweda yang akan mendirikan sekolah budi pekerti. Sekolah dengan konsep nonformal mengajarkan nilai luhur kehidupan ini dibahas di Komisi D DPRD DIY, Selasa (16/5/2017).

Advertisement

Wakil Kepala Dinas Kebudayaan DIY Singgih Raharjo mengapresiasi Yayasan Danurweda yang memiliki ide mendirikan sekolah budi pekerti. Ia menilai, hal itu merupakan cita-cita yang luhur karena salahsatu tujuan pendidikannya membentuk generasi yang berbudaya. Apalagi saat ini, banyak masyarakat yang bertindak tidak mencerminkan budaya yang ada. "Kami mengapresiasi gagasan pendirian sekolah [budi pekerti]," ungkapnya dalam pertemuan itu kemarin.

Ketua Yayasan Danurweda Danu Handoko dalam kesempatan itu mengajukan sejumlah permohonan, seperti pemintaan pembebasan lahan menggunakan dana hibah dari dana keistimewaan. Selain itu ia berharap pula ada hibah bangunan hingga kemudahan perizinan baik dari Pemda DIY dan Pemkab Sleman.

"Sekolah budi pekerti ini nantinya merupakan nonformal dengan konsep di alam terbuka. Kami memberikan ajaran piwulang luhur, seperti cerita rakyat, agama, tembah dan nilai budaya lainnya seperti wayang juga batik," ungkap dia.

Menurutnya Yayasan Danurweda telah berdiri sejak dua tahun silam. Saat ini menempati lahan seluas satu hektare di Purwomartani, Kalasan, Sleman. Sekolahnya menyasar anak usia lima tahun hingga orangtua. "Saat ini nomenklatur masih sebagai taman budaya," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Pastikan Tidak Impor Bawang Merah Meski Harga Naik

News
| Kamis, 25 April 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement