Advertisement

Bupati Sleman Jaring Perusahaan untuk Perbaikan Rumah Tidak Layak Huni

Irwan A Syambudi
Rabu, 14 Februari 2018 - 17:55 WIB
Nina Atmasari
Bupati Sleman Jaring Perusahaan untuk Perbaikan Rumah Tidak Layak Huni

Advertisement

Bupati Sleman berupaya untuk menjadikan rumah warga di seluruh Sleman menjadi layak huni

Harianjogja.com, SLEMAN—Bupati Sleman berupaya untuk menjadikan rumah warga di seluruh Sleman menjadi layak huni. Tidak hanya dengan anggaran daerah, pihaknya juga bakal menjaring Corporate Social Responsibility (CSR) untuk membantu pembangunan rumah tidak layak huni (RTLH).

Advertisement

Bupati Sleman, Sri Purnomo mengatakan setelah adanya CSR dari PT Bank BPD DIY untuk pembangunan sejumlah RTLH, kini pihaknya akan mencoba menggandeng lebih banyak lagi perusahaan. “Kami akan menggandeng beberapa CSR, karena di Sleman itu kan banyak pengusaha dan punya perusahaan,” kata dia saat menghadiri penandatanganan prasasti pembangunan RTLH di Balai Desa Caturharjo, Sleman, Rabu (14/2/2018).

Untuk itu kini pihaknya akan terlebih dahulu menjalin komunikasi dengan sejumlah pengusaha atau perusahaan. Sehingga harapannya CSR dapat semakin terarah dan berkontribusi terhadap pengurangan kemiskinan. Pasalnya menurut dia saat ini masih terdapat sekitar 4.000 RTLH yang masih perlu dibangun.

“RTLH tersebar di semua kecamatan. Ada sekitar 4.000 [RTLH] yang berada di 17 kecamatan. Tidak ada kecamatan yang paling banyak [RTLH], semua rata-rata,” ujarnya.

Sri menargetkan sepanjang periode kepemimpinanya seluruh RTLH akan diusahakan untuk dapat dibangun. Setelah pada 2017 lalu terdapat sekitar 1.700 RTLH yang dibangun, dia berharap pada tahun ini akan lebih banyak lagi RTLH yang dapat dibangun.

Sementara itu Direktur Utama PT Bank BPD DIY, Bambang Setiawan mengatakan melalui CSR PT Bank BPD DIY pihkanya memberikan dana bantuan sebesar Rp1 miliar. Dana tersebut di antaranya digunakan untuk pembangunan RTLH yang terdiri dari 153 kepala keluarga (KK) miskin di Desa Caturharjo.

Total di seluruh kabupaten Sleman terdapat 75 unit RTLH yang telah dibangun dengan dana Rp570 juta; pembangunan 84 jembatan dengan nilai Rp232 juta, serta pemasangan instalasi listrik sebanyak 99 unit senilai Rp198 juta.

Menurut Bambang partisipasi dalam pengentasan kemiskinan bersama Pemkab Sleman merupakan suatu kebanggan dan perwujudan rasa syukur. Dan dia berharap sejumlah program pembangunan yang telah dilakukan melalui CSR mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat.

“Program pengentasan kemiskinan sudah menjadi komitmen kita bersama. Bank BPD DIY menjalankan fungsi agen pembangunan dengan menyisihkan sebagian hasil usahanya untuk kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gelombang I Pemberangkatan Jemaah Calon Haji ke Tanah Suci Dijadwalkan 12 Mei 2024

News
| Jum'at, 19 April 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement