Advertisement

Petani Bantul Diarahkan Kuasai Teknologi Pertanian

Ujang Hasanudin
Senin, 24 September 2018 - 08:10 WIB
Laila Rochmatin
Petani Bantul Diarahkan Kuasai Teknologi Pertanian Salah satu jenis alat mesin pertanian (alsintan) - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Perikanan (DP2KP) Bantul akan fokus mendampingi taruna tani di Bantul untuk menguasai alat mesin pertanian. Harapannya generasi petani tidak hanya pandai bertani namun juga dapat mengoperasikan teknologi pertanian yang saat ini terus berkembang.

"Ini juga menjadi solusi mengingat minat pertanian yang menurun," kata Kepala Bidang Sarana dan Praarana, DP2KP Bantul, Agus Hudi Subagya, Sabtu (22/9/2018).

Advertisement

Agus mengaku kerap menyampaikan kepada para generasi petani bahwa saat ini sudah mulai ada modernisasi pertanian, mulai dari sebelum panen hingga panen semuanya sudah bisa menggunakan teknologi pertanian. Mulai dari traktor, mesin penanam padi mandiri, hingga mesin penggiling padi.

Kondisi tersebut lambat laut akan mengurangi tenaga kerja di sawah. Namun bukan berarti petani hilang. "Generasi penerus inilah yang harus menguasai alat pertanian," ujar Agus.

Sejak 2017 lalu, DP2KP Bantul sudah membentuk taruna-taruna tani di beberapa kecamatan. Targetnya semua kecamatan di Bantul sudah memiliki taruna tani, minimal 20 orang tiap kecamatan. Ke depannya taruna tani akan diperluas hingga desa-desa untuk mempertahankan pertanian.

Dinas sudah menyediakan dana stimulan untuk tiap kelompok taruna tani yang sudah terbentuk. Mereka dibebaskan untuk berkreasi dalam dunia pertanian, perkebunan, dan perikanan. Selain itu, pelatihan-pelatihan penguasaan teknologi pertanian juga terus digencarkan.

Bahkan beberapa taruna tani nantinya akan dikirim ke Jepang untuk magang di bidang pertanian. Menurut Agus, Jepang yang lahannya terbatas namun masih menguasai pertanian. "Tentunya dengan berbagai kreasi dan penguasaan mesin pertanian. Ini yang terus kami motivasi kepada generasi pertanian di Bantul," ujar dia.

Ia mengapresiasi taruna tani yang sudah terbentuk mayoritas berusia di bawah 35 tahun. Bahkan sebagian besar adalah anak-anak petani dan sudah pernah terjun membantu orang tua di sawah. Agus berharap generasi petani ini dapat menguasai semua teknologi pertanian dan manajemen pertanian. Lebih jauh, ia berharap petani akan semakin sejahtera.

Disinggung soal lahan pertanian yang mulai beralih fungsi, Agus menyebut untuk Bantul saat ini masih ada sekitar 19.000 hektare lahan pertanian termasuk lahan tegal. Jumlah tersebut masih tinggi dari batas minimal perlindungan lahan pangan berkelanjutan yang diatur dalam Perda, yakni seluas 13.000 hektare.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement