Advertisement

Berpotensi Punah, Ini yang Dilakukan Pemda DIY terhadap Warisan Budaya Tak Benda

Sunartono
Jum'at, 12 Oktober 2018 - 13:20 WIB
Arief Junianto
Berpotensi Punah, Ini yang Dilakukan Pemda DIY terhadap Warisan Budaya Tak Benda Aneka makanan kalengan khas Jogja - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Ribuan warisan budaya tak benda (WBTB) di wilayah DIY berpotensi mengalami kepunahan. Pemda DIY mulai mendaftar penetapan WBTB tersebut ke Kemendikbud RI untuk dikembangkan agar tetap lestari di tengah perkembangan teknologi.

Plt Kepala Dinas Kebudayaan DIY Budi Wibowo menjelaskan sebanyak 64 WBTB milik DIY telah bersertifikat dari Pemerintah Pusat, jumlah itu termasuk yang terbanyak ketimbang provinsi lain, yakni terdiri dari 37 yang disertifikatkan hingga 2017, kemudian selama 2018 telah menyertifikatkan 27 WBTB.

Advertisement

Pemda DIY berupaya mendorong kabupaten dan kota agar turut serta melaporkan WBTB yang berada di wilayahnya sehingga jumlahnya terus bertambah. Penyertifikatan itu, kata Budi, merupakan salah satu perlindungan terhadap WBTB.

Dia memprediksi jumlah WBTB di DIY mencapai ribuan. "Karena apapun itu WBTB ini kan merupakan identitas DIY sehingga harus kita data dan kita lindungi," ujar dia kepada Harianjogja.com, Kamis (11/10/2018).

Budi mengakui berbagai jenis WBTB masih butuh untuk dikembangkan agar diminati dan diketahui masyarakat. Dengan begitu warisan budaya itu tetap bisa bersaing dengan perkembangan di era modern.

Contohnya, WBTB makanan gudeg harus mampu bersaing dengan makanan restoran cepat saji, seperti halnya dolanan benthik bisa harus bisa bersaing dengan gadget yang saat ini banyak dipakai mainan anak-anak. "Iya betul [terancam punah], makanya ini harus dilindungi, pemerintah tidak boleh melepaskan dari institusi pembinanya," ujarnya.

Dia mengatakan pengembangan WBTB tidak sekedar hanya membiarkan ada, namun harus dikemas sedemikian rupa agar bisa dinikmati dan dipasarkan sehingga bisa bermanfaat.

WBTB seperti makanan dan hasil kerajinan mungkin lebih mudah untuk dikemas agar tetap bisa hadir di tengah masyarakat. Namun WBTB seperti dolanan anak dan berbagai jenis cerita rakyat harus butuh sentuhan khusus agar bisa selalu ada di tengah masyarakat.

Dia merencanakan melakukan digital culture. Seperti cerita tradisional panji,tidak hanya diwujudkan dalam buku saja, tetapi harus secara digital.

Padahal, kata dia, dolanan warisan leuluhur memiliki banyak makna, seperti halnya dolanan dakon yang membawa pesan gotong royong, kebersamaan dan harmoni antar-pemainnya. "Beberapa mainan memang sudah dilupaman tetapi harus tetap dikenalkan bahwa ini warisan leluhur," katanya.

Dia mengatakan identifikasi sebenarnya telah dilakukan kabupaten/kota terhadap kebudayaan yang ada termasuk WBTB. Hanya saja terkait perlindungan dan pemanfaatan terhadap warisan budaya tersebut masih perlu ditingkatkan oleh kabupaten/kota.

Pemda DIY menggunakan dana keistimewaan telah membangunkan taman budaya di setiap kabupaten/kota sehingga bisa menjadi tempat mengembangan warisan budaya tersebut.

Budi berpendapat pengembangan WBTB tersebut bisa bermuara pada kesejahteraan masyarakat jika dikemas secara baik. WBTB seni pertunjukan misal bisa dipertontonkan secara khusus kepada masyarakat. Sedangkan WBTB makan tradisional dan beragam suvenir bisa dijual di tempat wisata.

"Tinggal bagaimana mengemas sesuai dengan keinginan wisatawan, sehingga seperti makanan atau suvenir tidak perlu mendatangkan dari luar daerah," tegasnya. 

Dua Tempat

Wakil Kepala Dinas Kebudayaan DIY Singgih menambahkan WBTB yang berada di DIY meliputi tradisi atau ekspresi hidup seperti tradisi lisan, seni pertunjukan, praktik sosial, ritual, beragam perayaan, pengetahuan dan praktik tentang alam dan semesta. Selain itu juga pengetahuan dan ketrampilan untuk menghasilkan kerajinan tradisional.

Sebagai upaya pelestarian dan pengembangan karya WBTB, Dinas Kebudayaan DIY akan menyelenggarakan Perayaan Warisan Budaya Tak Benda DIY 2018 pada 12-14 Oktober 2018 di dua tempat, yakni di desa Pleret dan desa Wonokromo, Kabupaten Bantul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ditangkap di Kontrakannya, Begini Tampang Pelaku Pemerasan Penumpang Grab Car

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement