Advertisement

UNY Bantu Penanggulangan Bencana Lombok

Herlambang Jati Kusumo
Selasa, 23 Oktober 2018 - 11:10 WIB
Laila Rochmatin
UNY Bantu Penanggulangan Bencana Lombok Pengungsi gempa Lombok. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebencanaan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) kembali ke kampus setelah menyelesaikan tugas dan membantu penanggulangan kebencanaan di Lombok.

Salah satu peserta, Ilham Nofi Yoga merasa tugas mereka belum selesai. “Masih banyak yang mesti harus dibantu dan diselesaikan karena meskipun gempa telah berlalu hampir tiga bulan namun masih cukup banyak permasalahan yang harus dihadapi,” katanya melalui siaran pers, Senin (22/10/2018).

Advertisement

Program KKN Kebencanaan ini diikuti oleh delapan mahasiswa yang terdiri dari tujuh mahasiswa Fakultas Teknik serta satu mahasiswa Fakultas MIPA di Dusun Padamara, Desa Batuyang, Pringgabaya, Lombok Timur.

Dekan Fakultas Teknik UNY, Widarto, mengungkapkan dengan berat hati mesti menarik para mahasiswa karena pertimbangan jadwal akademik. “Saya melihat kontribusi mahasiswa di sini [Lombok] sangat baik dalam membantu pemulihan secara fisik maupun nonfisik,” ujar Widarto.

Untuk perbaikan fisik, para mahasiswa telah membantu dalam perbaikan sekolah dan fasilitas umum lainnya serta pembangunan hunian sementara. Mereka juga berkontribusi dalam pengembangan konsep rumah tahan bencana.

Dalam hal permulihan nonfisik, para mahasiswa telah melaksanakan berbagai program untuk kepentingan edukasi maupun trauma healing. UNY juga memberikan bantuan berupa perangkat untuk mendukung penyediaan instalasi air bersih yang diserahkan kepada Camat Pringgabaya dan Kepala Dusun Padamara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Suplemen Diet Jepang Akibatkan 100 Orang Dirawat dan Lima Orang Meninggal

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement