Advertisement

Merapi Muncul Guguran Lava, Penambangan Pasir di Kali Gendol Jalan Terus

Fahmi Ahmad Burhan
Rabu, 28 November 2018 - 11:50 WIB
Bhekti Suryani
Merapi Muncul Guguran Lava, Penambangan Pasir di Kali Gendol Jalan Terus Gunung Merapi Waspada, Selasa (22/5/2018). - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Kepala Desa Kepuharjo, Cangkringan, Sleman Heri Suprapto mengatakan aktivitas penambangan pasir di Kali Gendol masih berlangsung meskipun terjadi guguran lava yang mengarah ke Kali Gendol.

"Terkait adanya guguran lava, masyarakat masih adem ayem," ungkapnya pada Selasa (27/11/2018).

Menurutnya, aktivitas penambangan di Kali Gendol tersebut berada pada jarak aman yaitu enam kilometer dari puncak Gunung Merapi. Sedangkan radius yang dinyatakan berbahaya yaitu tiga kilometer dari puncak Merapi.

"Guguran lava kemarin kan jaraknya sampai 300 meter. Penambangan masih berlangsung, di musim hujan seperti ini kewaspadaan harus ditingkatkan lagi," jelasnya.

Heri mengatakan pihaknya melakukan mitigasi dengan terus berkordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman. "Kesiapsiagaan sudah dilatih. Ini baru level 2, nanti ketika level 3 baru bergeser," ujarnya.

Terkait adanya sabo dam di wilayah Kepuharjo, Cangkringan, pihaknya mengatakan warga sudah diberikan pemahaman terkait pemanfaatan sabo dam tersebut. Kondisinya pun menurut Heri baik dan siap menahan material yang mengalir dari sungai.

"Di Kepuharjo itu ada tujuh sabo dam, sebelum pembangunan, diberikan dulu sosialisasi dari Pemerintah Pusat terkait pemanfaatan sabo dam itu," ungkapnya.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Bentuk Tim Gabungan Pencari Fakta untuk Tragedi Stadion Kanjuruhan

News
| Senin, 03 Oktober 2022, 12:17 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement