Advertisement

KPI Ingatkan Stasiun Televisi dan Radio Wajib Punya Acara Berbahasa Jawa

Rahmat Jiwandono
Minggu, 02 Desember 2018 - 08:17 WIB
Nina Atmasari
KPI Ingatkan Stasiun Televisi dan Radio Wajib Punya Acara Berbahasa Jawa Kegiatan Revitalisasi Seni Permainan Tradisional yang digelar di Dusun Sedono, Desa Pundung Sari, Kecamatan Semin, Kabupaten Gunungkidul, Rabu (9/5/2018). - JIBI/Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL – Lembaga penyiaran baik radio, televisi lokal, atau televisi nasional yang punya siaran lokal wajib memuat konten acara yang memakai bahasa Jawa. Hal ini merupakan imbauan dari Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) DIY.

Hal tersebut diatur dalam Perda No. 13 Tahun 2016 tentang Penyelenggaran Penyiaran dengan tujuan agar lembaga penyiaran dapat memenuhi konten lokal serta mempromosikan kebudayaan dan tradisi sejalan dengan UU Keistimewaan DIY. KPID DIY juga telah melakukan bimbingan teknis Sesorah Bahasa Jawa kepada lembaga penyiaran.

Advertisement

Kepala Bidang (Kabid) Pengawasan Isi Siaran KPID DIY, Agnes Dwi Rusjiyati mengatakan lembaga penyiaran harus memuat konten lokal namun tidak dibatasi durasinya. Pihaknya menganjurkan paling tidak dalam waktu 1x24 jam lembaga penyiaran menyiarkan konten lokal. Hal itu dilakukan agar lembaga penyiaran menaati Peraturan Daerah yang berlaku.

“Upaya untuk menjaga agar pengunaan bahasa jawa dalam kehidupan sehari-hari tidak luntur,” kata Agnes, Sabtu (1/12/2018).

Lebih lanjut, dia menjelaskan konten lokal yang disampaikan dalam Bahasa Jawa sebaiknya mudah dicerna dan dipahami oleh masyarakat yang mendengar mau pun yang menonton.

Dia mencontohkan agar Bahasa Jawanya mudah dipahami oleh orang lain. Mengenai soal jenis bahasa Jawa apa yang wajib digunakan, pihaknya mengklaim tidak harus selalu bahasa jawa yang halus.

“Contohnya disapa lewat radio dengan mengucapkan sugeng enjang yang artinya selamat pagi. Dimulai dari hal yang sederhana saja,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement