Advertisement

Gandeng 25 SMA, UII Siap Gelar Seleksi Mahasiswa Baru

Laila Rochmatin
Jum'at, 11 Januari 2019 - 11:10 WIB
Laila Rochmatin
Gandeng 25 SMA, UII Siap Gelar Seleksi Mahasiswa Baru Ilustrasi. - Solopos/Nicolous Irawan

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA -- Universitas Islam Indonesia (UII) siap menggelar seleksi penerimaan mahasiswa baru Tahun Akademik 2019/2020 di 25 kota di Indonesia melalui pola seleksi Computer Based Test (CBT) untuk jenjang sarjana dan diploma. ota tempat pelaksanaan tes CBT tersebar di kota-kota yang ada di Pulau Jawa, Sumatra, dan Kalimantan.

Secara serentak seleksi melalui pola tersebut akan mulai diselenggarakan pada 11 Januari 2019 di kampus terpadu UII dan Sekolah Menengah Atas (SMA) mitra UII yang ditunjuk. Lokasi seleksi yang tersebar di berbagai wilayah diharapkan akan memudahkan para pendaftar yang berminat melanjutkan studi di UII.

Advertisement

Hal ini sebagaimana tergambar dalam penandatangan MoU antara UII dengan ke-25 mitra sekolah tempat pelaksanaan tes CBT di lantai II Gedung Prof. Dr. Sardjito, kampus terpadu UII pada Kamis (10/1/2019).

Rektor UII Fathul Wahid menyampaikan UII berkomitmen menjaring bibit-bibit unggul dari SMA yang ada di Indonesia guna dididik menjadi calon pemimpin dan cendekiawan masa depan.

“Melalui proses seleksi yang jujur dan bermartabat, kami tidak ingin sekadar mencetak buruh industri, melainkan para calon pemimpin dan cendekia yang bermanfaat bagi bangsa,” kata Rektor.

Guna menjamin pola seleksi yang bermartabat, UII berjanji akan menindak tegas jika ada pihak-pihak yang terbukti curang pada saat mengikuti seleksi PMB UII.

Di samping CBT, siswa yang berminat mendaftar di UII juga dapat mengakses jalur seleksi lainnya seperti Paper Based Test (PBT), Penelusuran Siswa Berprestasi (PSB), dan Penelusuran Hafiz Alquran (PHA).

Rektor menuturkan terdapat beberapa kategori pada pola seleksi PSB yakni kategori Siswa Berprestasi Bidang Akademik, kategori Siswa Berprestasi Bidang Olahraga dan Seni, kategori Beasiswa Dhuafa serta kategori Prioritas Daerah Tertinggal, Terluar dan Terdepan (3T). UII juga menyediakan beasiswa pondok pesantren dan beasiswa bagi mahasiswa asing yang berasal dari negara muslim.

Rektor berharap ke-25 sekolah selalu menjalin komunikasi yang baik dengan UII untuk terus menyempurnakan proses seleksi lewat jalur CBT.

Ketua Umum Seleksi PMB UII periode 2019 Rohidin menambahkan seleksi PMB di UII selama ini berlangsung cukup kompetitif. Jumlah pendaftar pada 2018 tercatat sebanyak 26.967 orang, dengan mahasiswa yang diterima hingga mengikuti kuliah perdana ada 5.638 orang.

Menurut dia, hal ini sebagai bukti UII tetap menjadi salah satu tujuan belajar tervaforit bagi kalangan pelajar SMA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Jual Miras, Toko di Berbah Ditutup

Jual Miras, Toko di Berbah Ditutup

Jogjapolitan | 7 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Konflik Israel di Gaza, China Serukan Gencatan Senjata

News
| Selasa, 16 April 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement