Advertisement

23 Desa di Kulonprogo Terima Bantuan Padat Karya

Fahmi Ahmad Burhan
Sabtu, 19 Januari 2019 - 06:57 WIB
Sunartono
23 Desa di Kulonprogo Terima Bantuan Padat Karya Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo, saat dijumpai di ruangan kerjanya, Jumat (11/1/2019). - Harian Jogja/Uli Febriarni

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO-- Sebanyak 23 desa akan menerima bantuan padat karya baik dari Pemkab Kulonprogo maupun Pemprov DIY. Bantuan itu diharapkan bisa menyerap sampai puluhan tenaga kerja.

Kepala Bidang Pengembangan dan Penempatan Tenaga Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kulon Progo, Susilo mengatakan, untuk tahun ini pihaknya akan memberikan bantuan padat karya bagi tujuh desa. "Kami salurkan melalui LPMD [Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa] masing-masing mendapat bantuan sebanyak Rp100 juta," ujar Susilo pada Harian Jogja, Kamis (17/1).

Advertisement

Susilo mengatakan bantuan tersebut diperuntukan bagi pembangunan jalan dan cor blok. "Kemungkinan bisa menyerap sampai 30 tenaga kerja," jelasnya.

Selain dari Pemkab, bantuan juga diberikan tahun ini dari Pemprov DIY. Bantuan tersebut akan dikelola oleh Pemkab Kulonprogo sebelum diberikan pada 16 desa. Berbeda dengan Pemkab Kulonprogo, jumlah bantuan dari Pemprov DIY yaitu sebanyak Rp129 juta untuk tiap desanya. Sementara, dari bantuan Pemprov tersebut diharap bisa menyerap tenaga kerja sebanyak 52 orang. Selain guna menyerap tenaga kerja bagi masyarakat di desa, adanya program padat karya juga diharap bisa meningkatkan infrastruktur yang ada di desa.

Kepala Disnakertrans Kulonprogo, Eko Wisnu Wardhana mengatakan program padat karya bagi masyarakat diperuntukan salah satunya untuk mengurangi angka pengangguran. "Upaya dalam menekan angka pengangguran terus kami upayakan selain dengan pelatihan kerja, ada juga program padat karya," ujar Eko.

Sementara itu, di 2018, tingkat pengangguran terbuka di Kulonprogo ada pada kisaran angka 1,49%. Jumlah itu menurun jika dibandingkan 2015 silam yang mencapai 3,7%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement