Malam Jumat Kliwon, Ratusan Tikus Pithi Melebur dalam Tapa Bisu

Ratusan anggota komunitas Tikus Pithi Hanoto Baris berpartisipasi dalam kegiatan budaya Tapa Bisu Mubeng Beteng yang diselenggarakan beberapa elemen masyarakat Jogja, Kamis (24/1/2019). - Ist/Tikus Pithi
26 Januari 2019 08:40 WIB Nugroho Nurcahyo Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Ratusan anggota komunitas Tikus Pithi Hanoto Baris berpartisipasi dalam kegiatan budaya Tapa Bisu Mubeng Beteng yang diselenggarakan beberapa elemen masyarakat Jogja,  Kamis (24/1/2019) atau pada Malam Jumat Kliwon.

 “Aksi ini sebagai wujud komitmen tikus pithi dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Menjaga keutuhan NKRI dan Pancasila,” ujar Sigit prawoso, Wakil Ketua Tikus Pithi, melalui rilis yang diterima Harianjogja.com, Jumat (25/1/2019).

Tapa Bisu dimulai dari Alun-Alun Utara Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Ratusan anggota Tikus Pithi Hanoto Baris yang turut berpartisipasi datang dari DIY, Jawa Tengah, Jawa Timur, Papua, Papua Barat dan Sulawesi Selatan.

Mengenakan atribut serba hitam, pita merah putih di lengan kanan dan janur kuning di lengan kiri, mreka bergabung dan membaur dengan berbagai komponen masyarakat melakukan ritual budaya tersebut.

Pada dasarnya, aksi itu mengajak segenap komponen masyarakat seluruh Indonesia agar tetap menjaga keutuhan NKRI dan Pancasila sebagai dasar negara. “Aksi ini sangat pas dilakukan di tengah suhu politik Indonesia yang sedang memanas. Perbedaan dijadikan alat saling menghujat, menjelek-jelekkan. ini sangat tidak baik untuk keutuhan bangsa ini,” kata Sigit.