Advertisement

SD Selang V Kedatangan Guru Tamu Asal Malaysia

David Kurniawan
Rabu, 06 Februari 2019 - 21:15 WIB
Yudhi Kusdiyanto
SD Selang V Kedatangan Guru Tamu Asal Malaysia Salah satu mahasiswi asal Universitas Sultan Idris, Malaysia (memegang mikrofon) saat mengajar di SD Negeri Selang, Rabu (6/2/2019). - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL–Siswa-siswi SD Negeri Selang V, Desa Selang, Kecamatan Wonosari, menerima guru tamu asal Malaysia. Harapannya dengan kedatangan guru tamu ini dapat meningkatkan motivasi belajar para siswa.

Kepala SD Selang V, Warsito, mengaku senang dengan kedatangan mahasiswa dari Universitas Pendidikan Sultan Idris, Malaysia. Menurutnya kedatangan guru tamu ini berkat kerja sama dengan pihak ketiga sehingga dapat memotivasi para siswa untuk terus giat belajar. “Suatu kebanggan bagi kami karena mendapatkan tamu dari luar negeri,” kata Warsito kepada wartawan, Rabu (6/2/2019).

Advertisement

Menurut dia sebelum adanya proses belajar mengajar dengan guru tamu, para siswa menyambut puluhan guru ini dengan parade marching band. Warsito mengakui marching band merupakan salah satu keunggulan di SD Selang V karena memberikan banyak prestasi. “Tahun lalu kami menjuarai lomba marching band tingkat Internasional dengan juri asal Thailand dan Malaysia,” katanya.

Pengajar dari Universitas Pendidikan Sultan Idris, Profesor Muhammad Nizam, mengaku senang dapat membawa para mahasiswanya untuk menjadi guru tamu di SD Selang. Menurut dia program ini sangat baik karena banyak memiliki manfaat. Di satu sisi untuk memberikan pengalaman bagi mahasiswa, di sisi yang lain dapat memberikan motivasi kepada siswa didik di SD Selang. “Saya senang apalagi marching band di sini [SD Selang V] sangat bagus karena tadi saya lihat pada waktu penyambutan berlangsung,” katanya.

Menurut dia kerja sama dengan SD Selang V bisa dilanjutkan tidak hanya sebatas adanya guru tamu di sekolah tersebut. Nizam mengatakan pertunjukan marching band ini bisa ditampilkan di Universitas Pendidikan Sultan Indris. “Kami punya fakultas musik yang fokus pada perkembangan marching band. Jadi, mungkin bisa kami bawa kesana untuk pertunjukan,” tuturnya.

Disingung mengenai pemilihan SD Selang V, Nizam menuturkan bahwa pemilihan harus melalui proses seleksi. Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi pada saat seleksi, di antaranya berkaitan dengan manajemen sekolah, tingkat kedisiplinan hingga prestasi yang dimiliki sekolah. “Mudah-mudahan kerja sama ini dapat memberikan manfaat bagi semua pihak,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement