Advertisement

Pelaku Wisata DIY Ikut Pameran di Jerman

Abdul Hamied Razak
Jum'at, 08 Maret 2019 - 17:20 WIB
Arief Junianto
Pelaku Wisata DIY Ikut Pameran di Jerman Menteri pariwisata Arief Yahya (kiri) bersama Kepala Dispar DIY Singgih Raharjo (kanan) mengunjungi salah satu booth pelaku industri dari DIY di acara travel fair ITB, Berlin, Jerman, Rabu (6/8) waktu setempat. - Istimewa/Dinas Pariwisata DIY.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Guna meningkatkan jumlah serta mengejar target jumlah kunjungan wisatawan ke DIY, Dinas Pariwisata (Dispar) DIY mengikuti kegiatan Travel Fair Internationale Tourismus Borse (ITB) di Gedung Messe Berlin, Jerman.

Kepala Dispar DIY Singgih Raharjo mengatakan keikutsertaan Dispar dalam kegiatan tersebut bertujuan untuk menarik minat wisatawan mancanegara (wisman), khususnya wisatawan dari negara Eropa. Selain Dispar, sejumlah pelaku industri di DIY juga terlibat dalam pameran internasional yang berlangsung sejak 6-10 Maret 2019 mendatang.

Advertisement

Dispar DIY, kata dia, menawarkan berbagai paket wisata, yang lebih mengungggulkan heritage yang ada di DIY. Tetapi juga ada paket kunjungan ke destinasi-destinasi baru.

Mereka menempati booth Kementrian Pariwisata di Paviliun Indonesia, dengan mengikutsertakan empat orang travel agency dan juga hotel untuk dapat mengikuti bussiness meeting atau B to B (bussiness to bussiness) sebagai seller.

Tampilan booth sengaja diatur mirip Kapal Pinisi dengan dekorasi ikonik khas Bali sehingga diharapkan mampu menarik lebih banyak minat pengunjung. "Kami berharap melalui travel fair di Berlin bisa meningkatkan kunjungan wisman, khususnya Eropa. Sebab, wisman dari Eropa menduduki peringkat pertama di DIY," katanya melalui rilis yang diterima Harianjogja.com, Jumat (8/3/2019).

Untuk kunjungan wisman tahun ini, Dinpar DIY mentargetkan sebanyak 470.000 wisman. Selain meningkatkan jumlah wisman, Dinpar DIY juga membidik lama tinggal wisman di DIY. Selama ini angka lama tinggal masih sekitar 1,9 hari padahal target yang ditetapkan sebesar 2,3 hari.  "Nah length of stay selama ini masih di bawah target. Ini yang juga perlu kami tingkatkan. Salah satu caranya dengan menawarkan paket-paket wisata. Misalnya paket wisata 3 days 2 night, dan 4 days 3 nights yang mengunggulkan destinasi heritage di DIY," katanya.

Dia mengatakan saat pembukaan, Menteri Pariwisata, Arif Yahya juga bertemu dengan semua pejabat perwakilan dari daerah yang mengikuti kegiatan ITB Berlin. Sejumlah mitra dari media massa dan maskapai internasional seperti Qatar Airlines, Ettihad dan Turkeys Airlines untuk berdiskusi terkait dengan upaya peningkatan parwisata dengan jejaring kerjasama dalam bidang pariwisata di Paviliun Indonesia. "Menpar juga mendorong pengoptimalan promosi potensi wisata dan budaya DIY. Dinas Kebudayaan DIY juga ikut berpartisipasi dan akan menampilkan Tarian di panggug paviliun Indonesia," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement