UPT Pusat Bisnis Gelar Beringharjo Macak Ayu

Seorang pengunjung berkonsultasi dan mendapatkan pelayanan kecantikan di salah satu booth produk kecantikan sebagai rangkaian acara Beringharjo Macak Ayu yang digelar di Floating Stage Pasar Beringharjo, Kamis (21/3/2019). - Harian Jogja/Uli Febriarni
21 Maret 2019 20:27 WIB Uli Febriarni Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Bisnis Pasar Beringharjo menggelar Beringharjo Macak Ayu, Kamis (21/3/2019) hingga Minggu (24/3/2019). Beragam kegiatan disandingkan dengan acara ini, mulai dari konsultasi kecantikan, diskon produk, makeover dan lainnya.

Kepala UPT Pusat Bisnis Pasar Beringharjo, Sri Riswanti, menyatakan lewat program ini jajarannya ingin menyukseskan program Pemkot Jogja bertajuk Belanja di Pasar Tradisional Berasa di Mall. Menurut Riswanti, selama ini kegiatan-kegiatan serupa baru diselenggarakan di pusat perbelanjaan modern seperti mal. Namun dengan adanya Beringharjo Macak Ayu, UPT ingin menunjukkan bahwa pasar tradisional tidak kalah dengan mal. "Siapa saja bisa berpartisipasi dalam kegiatan ini dan mengambil manfaatnya, bisa pedagang dan pengunjung," kata dia, Kamis.

Kegiatan ini menjadi satu langkah “pemanasan” bagi UPT Bisnis dalam upaya membangun citra pasar tradisional menjadi tempat berbelanja seperti mal. Hal ini selaras dengan program Pemkot Jogja dalam pengembangan kepariwisataan. Menurut dia, selain sebagai pendukung pariwisata dan usaha menjaga eksistensi pasar tradisional, khususnya Beringharjo, kegiatan yang diselenggarakan di Floating Stage Lantai II Pasar Beringharjo itu ingin mengedukasi pedagang, terutama berkaitan dengan promosi produk.

Seorang pedagang batik Pasar Beringharjo, Pariyanti, mengaku mengetahui adanya kegiatan tersebut dari rekannya sesama pedagang dan akhirnya mencoba layanan yang ada. Ia meminta untuk diwarnai kukunya oleh petugas. "Saya suka dikutek, sering juga mewarnai kuku sendiri, senang dengan adanya kegiatan ini, apalagi gratis," ujarnya.