Advertisement

Mantapkan Predikat Kabupaten Layak Anak, Pemkab Sleman Gandeng 3 Lembaga Ini

Yogi Anugrah
Rabu, 03 April 2019 - 14:37 WIB
Arief Junianto
Mantapkan Predikat Kabupaten Layak Anak, Pemkab Sleman Gandeng 3 Lembaga Ini Anak-anak bermain di Taman Denggung, Desa Tridadi, Kecamatan Sleman, Kamis (2/8 - 2018). Harian Jogja/Fahmi Ahmad Burhan

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman terus berupaya mewujudkan Sleman sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA). Salah satu yang dilakukan adalah dengan menjalin kerja sama dengan organisasi dan lembaga terkait perempuan dan anak.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Sleman, Mafilindati Nuraini mengatakan pada Selasa (2/4/2019) lalu, instansinya secara resmi menjalin kerja sama dengan tiga organisasi yang fokus pada pengembangan dan perlindungan anak. Kedua organisasi itu, kata dia adalah Yayasan Satu Nama, Lembaga Studi Pengembangn Perempuan dan Anak (LSPPA), dan Sekretariat Anak Merdeka Indonesia (Samin).

Advertisement

“Lewat kerja sama ini diharapkan dapat mewujudkan pengintegrasian program kegiatan perlindungan dan pemenuhan hak anak sehingga terwujud percepatan pencapaian pengembangan KLA,” kata dia, Selasa.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, perjanjian kerja sama tersebut mencakup 24 poin. Di antaranya adalah sosialisasi soal Undang-undang Perlindungan Anak; Undang-undang Sistem Peradilan Anak; Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM); Pencegahan Pornografi; Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga); pembentukan Satgas Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA); Evaluasi Desa; dan Sekolah Ramah Anak.

Kerja sama tersebut, kata dia, penting dilakukan lantaran mustahil Pemkab bisa bekerja sendiri untuk mewujudkan KLA. Kerja sama tersebut menurut dia adalah bukti sinergitas seluruh stakeholder termasuk lembaga masyarakat yang memang perlu dilakukan guna pemenuhan dan perlindungan hak anak.

Odi Shalahuddin dari Yayasan Satu Nama menuturkan penandatanganan kerja sama itu merupakan sinergi yang dapat bermanfaat besar untuk masyarakat. Langkah ini, menurut dia sekaligus membuktikan komitmen Pemkab Sleman dalam hal pemenuhan hak anak.

Terlebih, kata dia, dalam berbagai kegiatan bersama masyarakat seperti PATBM, pembentukan Satgas PPA dan juga upaya mengembangkan kapasitas forum anak baik di tingkat desa hingga kabupaten.

“Saya berharap melalui kerjasama ini akan menghasilkan inovasi baru untuk mengefektifkan perlindungan anak dengan melibatkan masyarakat, anak dan organisasi masyarakat,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 1 hour ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Ungkap Mantan Kepala Bea Cukai Jogja Lakukan Pencucian Uang Capai Rp20 Miliar

News
| Sabtu, 20 April 2024, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement