Dampak Hujan Angin Juga Terjadi di Bantul & Jogja, 7 Orang Terluka

Pohon tumbang di Nogotirto, Gamping. - Ist/BPBD Sleman
04 April 2019 23:07 WIB Yogi Anugrah Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Selain di Sleman, hujan deras disertai angin yang terjadi pada Kamis (4/4/2019) siang juga berdampak di Bantul dan Jogja.

Berdasarkan data dari BPBD DIY, di Bantul pohon menimpa satu rumah warga, sementara di Jogja hujan deras disertai angin mengakibatkan pohon tumbang di dua titik yang mengganggu jalan dan menimpa rumah.

“Korban luka terkena pohon tumbang di Jogja tujuh orang, enam orang luka ringan dan satu orang luka sedang,” kata Kepala Pelaksana BPBD DIY, Biwara Yuswantana

Proses evakuasi dilakukan oleh tim rekasi cepat, sukarelawan, pemadam kebakaran, Tagana, PMI, Polri, TNI, dan warga sekitar. Salah seorang petugas juga luka ringan saat sedang proses evakuasi.

Kepala Kelompok Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Jogja, Djoko Budiyono, mengatakan, pada April, wilayah DIY memasuki masa transisi atau pancaroba.

“Musim kemarau di wilayah DIY dimulai dari akhir April hingga pertengahan Mei,” kata dia.

Ia mengatakan, musim kemarau akan dimulai dari Gunungkidul pada akhir April. Kemudian Bantul, Kota Jogjadan Kulonprogo bagian selatan akan masuk musim kemarau di awal Mei.

“Untuk dan Kulonprogo bagian utara akan terakhir masuk musim kemarau yaitu di kisaran pertengahan Mei,” kata dia.