Advertisement

UMKM Cokelat Didorong Gunakan Pemasaran Digital

Newswire
Sabtu, 13 April 2019 - 22:47 WIB
Sunartono
UMKM Cokelat Didorong Gunakan Pemasaran Digital Ilustrasi Ketua Kelompok Wanita Tani (KWT) Pawon Gendis, Dwi Martuti Rahayu, menunjukkan proses produksi cokelat di dapur produksi miliknya di Dusun Salakmalang, Desa Banjarharjo, Kecamatan Kalibawang, Rabu (13/2/2019).-Harian Jogja - Fahmi Ahmad Burhan

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Cokelat menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi masyarakat maupun wisatawan.  Saat ini bermunculan usaha mikro kecil menengah (UMKM) di berbagai wilayah di DIY.

Bahkan produksi cokelat ini menjadi salah satu pemberdayaan ekonomi masyarakat desa. Pemasaran cokelat sebagai salah satu produk UMKM ini diangkat dalam diskusi yang menghadirkan anak muda milenila bertajuk Ayo Cintai Produk Sendiri, di Kota Jogja, Sabtu (13/4/2019).

Advertisement

Anggota Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto mengatakan dalam berbagai kunjungannya ke berbagai lokasi di DIY, ia melihat besarnya potensi UMKM produsen cokelat yang banyak digawangi masyarakat desa. Produsen cokelat seperti di Kulonprogo, Gunungkidul, Kota Jogja dan lainnya, terbukti mampu meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Kami berkomitmen bahwa produk UMKM ini harus lebih dikenal. Banyak produk cokelat ini,  salah satunya seperti olahan coklat Makaryo ini terbuat dari gula semut sangat disukai oleh anak muda,” kata Eko dalam rilisnya.

Eko mendorong pentingnya melakukan pemasaran dengan sistem digital. Sehingga ke depan UMKM cokelat bisa berkembang dengan tidak hanya menyasar penjualan lokal saja, namun bisa meluas, apalagi sebentar lagi akan beroperasi bandara baru di Kulonprogo.

"Dengan optimalisasi pemanfaatan IT sehingga bisa tingkatkan produksinya, efisiensi dan promosi produk ekonomi kreatif dan UMKM. Pemasaran berbasis digital harus dilakukan,” ucapnya.

Jogja Local Guide Agus Muhammad Zainul Farkhan yang hadir dalam diskusi itu memberikan tips bagi peserta agar bisa memaksimalkan alat komunikasi yang dimiliki untuk membuat konten kreatif.

"Anak muda tentu suka dengan hal yang kreatif, yang unik. Ada banyak ragam paltform aplikasi untuk promosikan produk.  Ada cokelat buatan perajin ini terbuat juga dari gula semut.  Kita harapkan produk lokal ini nanti juga jadi ikon oleh-oleh di pusat keramaian atau pusat wisata atau setelah NYIA di Kulonprogo beroperasi,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement