Advertisement

DPAD DIY Ajak Warga Bumirejo Beternak Itik

Jalu Rahman Dewantara
Minggu, 14 April 2019 - 08:17 WIB
Sunartono
DPAD DIY Ajak Warga Bumirejo Beternak Itik

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO--Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) DIY bersama Komisi D DPRD DIY menggelar acara bedah buku di Balai Desa Bumirejo, Kecamatan Lendah, Jumat (12/4/2019). Buku yang dibedah berjudul Beternak Itik Tanpa Bau Tanpa Angon, karya Norbertus Kalek.

Kepala Seksi Pengembangan Minat dan Budaya Baca, DPAD DIY, Aris Wiryanto mengatakan bedah buku kali ini merupakan kegiatan ke-55 dari total 60 titik di DIY pada 2019 ini. Tujuannya menumbuhkan budaya minat baca di masyarakat pedesaan. Menurutnya dengan gemar membaca buku maka wawasan menjadi luas dan bisa terinspirasi dari buku yang dibaca.

Advertisement

Ia menjelaskan buku yang dibedah dalam setiap kegiatan disesuaikan dengan potensi desa yang ketempatan. Seperti buku kali ini pihaknya membedah buku ternak Itik. Diharapkan peserta bisa semakin menikmati untungnya membaca buku dan bisa menyerap ilmu beternak itik. "Di sini ada potensi beternak itik, jadi sangat bermanfaat," ujarnya.

Anggota Komisi D DPRD DIY, Soleh Wibowo berharap masyarakat dapat memetik sisi positif acara kali ini dan termotivasi untuk membaca dan menyerap ilmu dari buku yang dibedah.

Soleh mengatakan, DIY identik sebagai kota pelajar, sehingga masyarakatnya juga harus terpelajar. Salah satunya dengan memiliki kegemaran membaca. Terkait buku-buku yang dibedah dalam program ini yakni buku praktis, dia mengharapkan tidak saja memacu minat baca tetapi juga menambah peluang usaha bagi masyarakat.

Kagiatan ini, lanjutnya, sebagai salah satu media yang tepat untuk meningkatkan wawasan. Setelah pembaca menyerap ilmunya dan diterapkan, diharapkan dapat meningkatkan perekonomian warga Kecamatan Lendah.

"Potensi Itik di Kecamatan Lendah sangat bagus. Di sini sedikit banyak ada usaha Itik tradisional. Setelah membaca buku ini mereka akan lebih profesional dalam membudidayakan itik, taraf hidup Mereka secara otomatis akan meningkat," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Semeru Kembali Erupsi Setinggi 600 Meter dari Puncak Gunung

News
| Rabu, 08 Mei 2024, 11:27 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement