Advertisement

Bandara Kulonprogo Belum Bisa Layani Penerbangan Internasional

Sri Mas Sari
Rabu, 24 April 2019 - 22:27 WIB
Bhekti Suryani
Bandara Kulonprogo Belum Bisa Layani Penerbangan Internasional Sejumlah pekerja sedang merampungkan pengerjaan Bandara New Yogyakarta International Airport di Kulon Progo, DIY, Rabu (24/4/2019). - Bisnis/Sri Mas Sari

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO - Pemerintah memastikan penerbangan internasional untuk sementara belum beroperasi di bandara baru Kulonprogo.

Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Polana B. Pramesti mengatakan, pelayanan penerbangan internasional di Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) menunggu evaluasi oleh maskapai setelah uji kalibrasi pekan lalu.

Advertisement

Dengan kondisi itu, untuk tahap awal YIA digunakan untuk melayani penerbangan domestik. "Airlines harus assessment juga. Kami masih menunggu," katanya saat meninjau YIA di Kulon Progo, Rabu (24/4/2019).

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi mengatakan, berbeda dengan penerbangan domestik, penerbangan internasional membutuhkan persetujuan Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO). 

Saat ini, AP I selaku operator bandara masih menunggu konfirmasi maskapai. Faiq mengatakan, terminal internasional sudah siap dioperasikan, tetapi tidak masalah jika digunakan untuk melayani penerbangan domestik lebih dulu. 

"Kalaupun fasilitas [untuk penerbangan internasional] sudah disiapkan, dipakai domestik enggak masalah. Yang penting standar internasionalnya terpenuhi dulu, ICAO-nya sudah ada, dan airline siap," tuturnya.

Terminal internasional YIA hampir siap operasional. Di dalamnya sudah tersedia counter check in, mesin X-ray, serta fasilitas pemeriksaan imigrasi dan pemeriksaan Bea dan Cukai.

Ada pula fasilitas ruang tunggu, ruang tunggu disabilitas, lounge eksekutif, toilet, ruang menyusui, area bermain anak-anak, wrapping bagasi, gerai souvenir dan oleh-oleh, dan tempat mengisi daya baterai ponsel. 

Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan, YIA untuk tahap awal akan digunakan untuk melayani penerbangan domestik dari Yogyakarta ke luar Jawa, seperti Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Ada Kabel Semerawut, ORI DIY: Laporkan!

Ada Kabel Semerawut, ORI DIY: Laporkan!

Jogjapolitan | 53 minutes ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ditanya soal Kemungkinan Maju di Pilkada, Kaesang Memilih Ini

News
| Jum'at, 26 April 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement