Advertisement

DIY Mulai Antisipasi Bencana Kekeringan

Abdul Hamied Razak
Jum'at, 26 April 2019 - 10:17 WIB
Nina Atmasari
DIY Mulai Antisipasi Bencana Kekeringan Penyaluran bantuan air bersih di Dusun Sumbersari, Desa Banjarasri, Kecamatan Kalibawang, Selasa (4/9 - 2018).Harian Jogja/Beny Prasetya

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Potensi bencana kekeringan menjadi perhatian utama selama musim kemarau ini. BPBD DIY akan melakukan pemetaan kebutuhan dropping air bersih bagi masyarakat.

Kepala BPBD DIY Biwara Yuswantara mengatakan dalam waktu dekat BPBD DIY akan melakukan rapat koordinasi dengan BPBD kabupaten dan kota untuk mengantisipasi terjadinya potensi kekeringan di wilayah DIY. Rakor juga akan memetakan kebutuhan dan potensi wilayah yang mengalami kekeringan berdasarkan data tahun lalu.

Advertisement

"Ini dilakukan untuk mengantisipasi potensi bencana kekeringan. Berapa titik dan kebutuhan droping airnya. Masih akan kami rapatkan," katanya di Hotel Eastparc Jogja, Kamis (25/4/2019).

Dia berharap ke depan ada solusi untuk terus mengurangi kasus kekeringan di wilayah DIY. Menurutnya untuk jangka panjang mestinya ke depan titik-titik yang membutuhkan langkah terencana dan komprehensif.

"Bagaimana sumber air bisa dimanfaatkan dan bisa diakses oleh masyarakat. Jadi jangan hanya droping air. Kami akan telaah dan usulkan ke Pusat," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement