DIY Mulai Antisipasi Bencana Kekeringan

Penyaluran bantuan air bersih di Dusun Sumbersari, Desa Banjarasri, Kecamatan Kalibawang, Selasa (4/9 - 2018).Harian Jogja/Beny Prasetya
26 April 2019 10:17 WIB Abdul Hamied Razak Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Potensi bencana kekeringan menjadi perhatian utama selama musim kemarau ini. BPBD DIY akan melakukan pemetaan kebutuhan dropping air bersih bagi masyarakat.

Kepala BPBD DIY Biwara Yuswantara mengatakan dalam waktu dekat BPBD DIY akan melakukan rapat koordinasi dengan BPBD kabupaten dan kota untuk mengantisipasi terjadinya potensi kekeringan di wilayah DIY. Rakor juga akan memetakan kebutuhan dan potensi wilayah yang mengalami kekeringan berdasarkan data tahun lalu.

"Ini dilakukan untuk mengantisipasi potensi bencana kekeringan. Berapa titik dan kebutuhan droping airnya. Masih akan kami rapatkan," katanya di Hotel Eastparc Jogja, Kamis (25/4/2019).

Dia berharap ke depan ada solusi untuk terus mengurangi kasus kekeringan di wilayah DIY. Menurutnya untuk jangka panjang mestinya ke depan titik-titik yang membutuhkan langkah terencana dan komprehensif.

"Bagaimana sumber air bisa dimanfaatkan dan bisa diakses oleh masyarakat. Jadi jangan hanya droping air. Kami akan telaah dan usulkan ke Pusat," katanya.