Advertisement

Rekrut Talenta Terbaik, PLN Teken Kerja Sama dengan Sekolah Vokasi UGM

Bhekti Suryani
Jum'at, 26 April 2019 - 19:47 WIB
Bhekti Suryani
Rekrut Talenta Terbaik, PLN Teken Kerja Sama dengan Sekolah Vokasi UGM Kerja Sama PLN dengan Sekolah Vokasi UGM - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Guna merekrut talenta terbaik bangsa, sekaligus sebagai penerapan link and match lembaga pendidikan dengan dunia kerja, PLN meneken Perjanjian Kerja Sama Program Pendidikan D4 Ikatan Dinas PLN dengan Sekolah Vokasi Universitas Gajah Mada (UGM) di Sekolah Vokasi (SV) UGM, Jogja pada Jumat (26/4/2019).

Dalam acara penandatanganan tersebut, Executive Vice President (EVP) Talent Development PLN Karyawan Aji (mewakili Direktur HCM PLN), menyampaikan bahwa kerja sama yang dilakukan antara PLN dengan SV UGM adalah sebagai upaya PLN menjaring talenta muda terbaik di bidang nya, setelah sebelumnya menjalin kerja sama serupa dengan empat perguruan tinggi yaitu POLBAN, UNDIP, PENS, dan PNUP.

Advertisement

“Perjanjian ini diadakan dengan maksud untuk menyelenggarakan pendidikan Diploma Empat [D4] atau Sarjana Terapan Ikatan Dinas jurusan Teknologi Rekayasa Elektro disesuaikan dengan kebutuhan bidang teknik di PLN dengan tujuan memperoleh lulusan D4/Sarjana Terapan yang siap bekerja dan memiliki kompetensi cukup untuk diterima sebagai Pegawai PLN,” Kata Aji

Program ini akan dijalankan mulai tahun Akademik 2019/2020 sampai dengan Tahun Akademik 2021/2022 atau selama tiga tahun.

Dekan Sekolah Vokasi UGM Wikan Sakarinto, menjelaskan kerja sama dengan PLN sudah berjalan lebih dari empat tahun. “Kerja sama ini telah berjalan sekitar lebih dari empat tahun, yang tadinya adalah kelas kerja sama program D3 Teknik Elektro, mulai tahun ini kami kembangkan menjadi D4 atau Sarjana Terapan di bidang Teknologi Rekayasa Elektro, khususnya untuk distribusi kelistrikan,” Terang Wikan.

Program D4 Ikatan Dinas PLN-SV UGM adalah program kerja sama pendidikan D4 yang dibuka secara khusus bagi mahasiswa baru SV UGM, dimana Mahasiswa yang telah lulus akan diangkat sebagai pegawai PLN jika memenuhi seluruh persyaratan yang ditentukan dalam kontrak. Selama pendidikan, mahasiswa diberi kesempatan untuk melaksanakan praktikum dan magang di unit PLN.

Aji kembali menjelaskan PLN terus menjaring SDM terbaik bangsa yang dipersiapkan sejak dini yang salah satunya melalui program kerja sama ikatan dinas ini. Harapannya mahasiswa dibekali kompetensi baru yang dibutuhkan guna menjawab setiap tantangan pada disruptive era dan revolusi industri 4.0 yaitu shifting technology sehingga akhirnya dapat menjadi bagian dari PLN, agar korporasi tetap survive ketika dihadapkan pada kebutuhan untuk menciptakan New Value Creation.

“Secara khusus pada kesempatan ini saya atas nama korporasi mengucapkan terima kasih kepada SV UGM yang telah menangkap peluang kerja sama ini. Saya berharap, agar mahasiswa tidak hanya belajar mengasah hard skill tetapi juga keterampilan softskill. Hal ini dilakukan agar mereka mempunyai kematangan sosial dan emosional di dunia kerja, seperti kepemimpinan, nilai-nilai disiplin, inisiatif, adaptif, integritas, open mind terhadap tantangan, memiliki budaya belajar dan berbagi serta berkolaborasi,” Kata Aji.

Diharapkan akan terbentuk sebuah konsep link and match [keterkaitan dan kesepadanan], yaitu konsep keterkaitan antara lembaga pendidikan dengan dunia kerja. Dengan adanya keterkaitan ini maka pendidikan sebagai pemasok tenaga kerja dapat mengadakan hubungan-hubungan dengan dunia usaha/industri khususnya PLN, dan bagi PLN agar mendapatkan talenta-talenta terbaik sejak dini dalam rangka memajukan kelistrikan nasional mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BKKBN-TNI AD Kolaborasi Membangun Sumber Air Bersih Guna Turunkan Stunting

News
| Kamis, 25 April 2024, 18:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement