Advertisement

PROGRAM LITERASI: Milenial Diajak Belajar Agama di Era Digital

Media Digital
Kamis, 25 April 2024 - 22:37 WIB
Mediani Dyah Natalia
PROGRAM LITERASI: Milenial Diajak Belajar Agama di Era Digital Bedah buku berjudul Ushul Fikih Milenial, Belajar Agama dari Akarnya di Era Digital di Gedung Pertemuan Krapyak Wetan, Panggungharjo, Kapanewon Sewon, pada Kamis (25/4/2024) siang. Harian Jogja - Jumali

Advertisement

BANTUL—Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) DIY bersama dengan DPRD DIY menggelar bedah buku berjudul Ushul Fikih Milenial, Belajar Agama dari Akarnya di Era Digital di Gedung Pertemuan Krapyak Wetan, Panggungharjo, Kapanewon Sewon, pada Kamis (25/4/2024) siang.

Anggota DPRD DIY, Umaruddin Masdar mengatakan sudah saatnya semua pihak mendorong generasi muda untuk beragama dengan baik. "Karena kita harus yakin jika agama itu bisa memberikan efek positif untuk masa depan generasi muda kita," kata Masdar, Kamis.

Advertisement

Sebab, diakuinya agama bak dua mata pisau, jika tidak dipahami dan dipelajari dengan baik bisa saja menjadi sumber kehancuran. Akan tetapi, jika dikelola dengan baik, maka kemajuan yang akan didapatkan.

"Buku ini adalah salah satu upaya kita agar generasi muda bisa beragama dengan baik. Bisa memanfaatkan kemajuan teknologi dengan baik dan benar," kata Masdar.

Ia menambahkan buku tersebut juga merupakan semacam panduan anak muda agar beragama sesuai aturan agama. "Agar tidak keluar dari jalur. Supaya tidak asal beragam nonton dari Youtube," katanya.

Dia pun berharap bedah buku tersebut dapat meningkatkan kegemaran membaca generasi milenial.

"Dengan bedah buku ini, kami mendorong semakin banyak generasi muda yang gemar membaca agar angka kegemaran membaca DIY yang sudah tinggi dapat dipertahankan," kata dia.

Sementara perwakilan penerbit Cantrik, Ali Fakih mengungkapkan, berbeda dengan buku lainnya, buku karya Muhammad Rizqil Azizi disajikan dengan bahasa dan gaya anak muda. Sehingga, apa yang disampaikan bisa dengan mudah dipahami oleh generasi muda.

"Buku ini tidak hanya akan memantik kita mengenai ushul fikih tapi juga dasar dan segala sesuatu tentang ushul fikih," katanya.

Ushul fikih sendiri, kata Ali, menunjuk suatu ilmu yang menjadi akar bagi ilmu yang lain yakni fikih. Sedangkan sesuai dengan perkembangan di era digital, menunjukkan generasi muda yang sumber pengetahuannya merujuk pada informasi serba digital.

"Untuk itu belajar agama haruslah mendalam. Sementara orang yang belajar Islam secara mendalam pasti tidak asing dengan ushul fikih," paparnya.

Oleh karena itu, di dalam buku ini, papar dia, dijelaskan secara mudah, simpel dan instan tapi tidak menghilangkan keutuhan informasi inti ilmu yang disampaikan. "Dalam buku ini juga dijelaskan secara simpel tentang pemahaman keagamaan," kata Ali.

Kepala Bidang Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan DPAD DIY, Rosid Budiman mengungkapkan melalui bedah buku ini, tingkat literasi masyarakat akan tetap tinggi. Sebab, program bedah buku ini tidak hanya membedah buku yang bersifat aplikatif, tapi juga agama dan pengetahuan lainnya. "Untuk itu kami bekerja sama dengan para anggota dewan untuk membedah buku ini," katanya. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ini Daftar Pabrik yang Tutup Pada 2024

News
| Minggu, 05 Mei 2024, 18:17 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement