Menjelang Ramadan, Permintaan Wajan Meningkat

Seorang pekerja menyelesaikan pembuatan wajan, Jumat (3/5/2019) - Harian Jogja/Rahmat Jiwandono
03 Mei 2019 16:12 WIB Rahmat Jiwandono Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Menjelang Ramadan, permintaan wajan di sentra kerajinan wajan di Dusun Wiyoko, Desa Plembutan, Kecamatan Playen, meningkat. Jika di hari biasa produksi wajan sebanyak 1.500 per hari, menjelang puasa naik menjadi 1.750 wajan per hari.

Seorang pembuat wajan, Ngalim, mengatakan jumlah pesanan wajan yang diterima meningkat. Hal tersebut juga berbanding lurus dengan penggunaan bahan baku yang meningkat. "Setiap pekan kami menyiapkan enam ton alumunium untuk bahan membuat wajan, menjelang puasa naik menjadi delapan ton," ujar Ngalim, Jumat (3/5/2019).

Menurut Ngalim, pesanan tidak hanya datang dari wilayah DIY, tetapi dari seluruh Indonesia. Awalnya dia menjual wajan langsung ke konsumen. Tetapi dalam waktu 2,5 terakhir, dia menjual kepada distributor. "Kami tidak bingung cari pasar lagi," kata dia.

Ngalim sebelumnya pernah bekerja di industri pembuatan wajan. Setelah mendapat ilmu, dia memutuskan untuk membuat usaha wajan sendiri di rumahnya. Wajan yang dibuatnya hanya berukuran kecil dan sedang. Untuk mengejar target pesanan wajan yang mencapai ribuan, dia dibantu puluhan orang. "Ada 30 pekerja yang ikut membantu," katanya.