Advertisement

Menjelang Ramadan, Permintaan Wajan Meningkat

Rahmat Jiwandono
Jum'at, 03 Mei 2019 - 16:12 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Menjelang Ramadan, Permintaan Wajan Meningkat Seorang pekerja menyelesaikan pembuatan wajan, Jumat (3/5/2019) - Harian Jogja/Rahmat Jiwandono

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Menjelang Ramadan, permintaan wajan di sentra kerajinan wajan di Dusun Wiyoko, Desa Plembutan, Kecamatan Playen, meningkat. Jika di hari biasa produksi wajan sebanyak 1.500 per hari, menjelang puasa naik menjadi 1.750 wajan per hari.

Seorang pembuat wajan, Ngalim, mengatakan jumlah pesanan wajan yang diterima meningkat. Hal tersebut juga berbanding lurus dengan penggunaan bahan baku yang meningkat. "Setiap pekan kami menyiapkan enam ton alumunium untuk bahan membuat wajan, menjelang puasa naik menjadi delapan ton," ujar Ngalim, Jumat (3/5/2019).

Advertisement

Menurut Ngalim, pesanan tidak hanya datang dari wilayah DIY, tetapi dari seluruh Indonesia. Awalnya dia menjual wajan langsung ke konsumen. Tetapi dalam waktu 2,5 terakhir, dia menjual kepada distributor. "Kami tidak bingung cari pasar lagi," kata dia.

Ngalim sebelumnya pernah bekerja di industri pembuatan wajan. Setelah mendapat ilmu, dia memutuskan untuk membuat usaha wajan sendiri di rumahnya. Wajan yang dibuatnya hanya berukuran kecil dan sedang. Untuk mengejar target pesanan wajan yang mencapai ribuan, dia dibantu puluhan orang. "Ada 30 pekerja yang ikut membantu," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement