Bus Besar Diimbau Tidak Melintas di Jalan Mangunan dan Cinomati

Sebuah mobil mogok di salah satu tanjakan yang ada di Jalan Cinomati, Minggu (23/12/2018). - Harian Jogja/Ujang Hasanudin
27 Mei 2019 09:27 WIB Kiki Luqmanul Hakim (ST 16) Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL – Jalur Mangunan dan Cinomati di Bantul dianggap rawan bagi kendaraan muatan berat termasuk bus, maka dari itu pihak Polres Bantul menghimbau agar bus untuk menghindari kedua jalan tersebut.

“Kedua jalan tersebut kan sangat rawan maka dari itu kami imbau untuk bus biasa dan juga bus pariwisata tidak melewati kedua jalan tersebut. Imbauan ini berlaku selama Operasi Ketupat Progo berlangsung yang akan dimulai pada 29 Mei hingga 10 Juni yang akan datang,” kata AKBP Sahat Marisi Hasibuan ketika ditemui Harian Jogja pada Jumat (24/5/2019).

Imbauan itu terpaksa dilakukan pihak Polres Bantul lantaran mengingat kedua jalan tersebut memiliki kontur yang sangat curam dan juga berkelok. Sahat sangat khawatir jika bus yang berukuran besar melintas jalan Imogiri dan Cinomati akan terjadi kecelakaan lalu lintas.

“Jika ada suatu kecelakaan lalu lintas seperti rem bus tidak berfungsi di kedua jalan itu makan akan jadi kejadian nasional, maka dari itu imbauan itu kami lakukan untuk meminimalisir lakalintas ketika mudik 2019,” lanjut Sahat.

Senada dengan Sahat, Kepala Bidang Perhubungan Kabupaten Bantul, Agus Jaka Sunarya meminta maaf pihaknya tidak memberikan izin Bus ukuran besar untuk melintas ke jalan Imogiri serta Cinomati.

“Jalur Mangunan Imogiri memang sudah dilebarkan, namun diatas masih ada bagian jalan yang masih sempit, maka dari itu kami belum berani memberikan izin kepada bus berukukan besar dan juga bus pariwisata,” kata Agus.