Advertisement

Hari Pertama Kerja, Kepala Dinas Ini Malah Perpanjang Cuti

Lugas Subarkah
Senin, 10 Juni 2019 - 16:37 WIB
Arief Junianto
Hari Pertama Kerja, Kepala Dinas Ini Malah Perpanjang Cuti Ilustrasi PNS. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Forum Pemantau Independen (Forpi) Kota Jogja menggelar sidak di sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) di Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja, Senin (10/6/2019). Sidak itu dilakukan untuk memastikan tak ada aparatur sipil negara (ASN) yang membolos di hari pertama kerja pascalibur Lebaran.

Koordinator Forpi Kota Jogja, Baharuddin Kamba, mengatakan OPD yang disidak di antaranya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) dan Dinas Penanaman Modal dan Perizinan (DPMP). Kedua OPD ini menurut dia harus siap di hari pertama karena banyak masyarakat yang sudah membutuhkan pelayanan.

Advertisement

Hasilnya, saat menyidak kantor DPMP, Jogja, orang nomor satu di dinas itu, Nurwidi justru masih belum berada di ruangannya lantaran izin masih berada di luar kota dengan alasan acara keluarga. “Kalau kepala dinas izin, berarti berkas izinnya harus sampai ke Wali Kota atau Wakil Wali Kota,” kata Kamba.

Absennya Kepala DPMP Kota Jogja Nurwidi, diakui Kamba merupakan kali kedua. Sebelumnya pada pemantauan Forpi saat hari pertama masuk kerja pada bulan ramadan lalu, Nurwidi juga tidak berada di tempat.

Sementara saat dihubungi Harian Jogja, Nurwidi membenarkan bahwa dia memang izin kerja. Dia menegaskan izin sudah ia sampaikan secara langsung kepada Wali Kota Jogja. "Saya sudah ijin secara khusus kepada Bapak walikota Yogyakarta," kata dia.

Adapun Kepala Disdukcapil Kota Jogja, Sisruwadi mengatakan, seluruh stafnya masuk semua. Tidak ada yang membolos. "Libur selama 9 hari sudah dirasa cukup. Jadi tidak ada lagi tambahan cuti," kata dia.

Wali Kota Jogja, Haryadi Suyuti, mengatakan ASN harus ingat akan hak dan kewajibannya. Sebelumnya ASN telah menerima haknya berupa THR dan libur sembilan hari, maka di hari pertama masuk ia juga harus memenuhi kewajibannya.

"Jadi jangan cuma liburnya saja yang diingat-ingat, tapi masuknya kapan itu juga harus diingat gitu lho, harus seimbang," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 2 hours ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Ungkap Mantan Kepala Bea Cukai Jogja Lakukan Pencucian Uang Capai Rp20 Miliar

News
| Sabtu, 20 April 2024, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement