Puji Menhan Ryamizard Ryacudu, Syafi'i Ma'arif : Teman Seangkatannya Macam-Macam

Menhan Ryamizard Ryacudu (kiri) saat berkunjung ke kediaman Buya Syafi'i Ma'arif, di Jogja, Selasa (11/6/2019) - Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo
11 Juni 2019 23:57 WIB Hafit Yudi Suprobo Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN- Guru Bangsa, Buya Syafii Maarif memuji sosok Menteri Pertahanan RI (Menhan), Ryamizard Ryacudu sebagai sosok yang positif. Hal ini disampaikannya seusai menerima kunjungan Menhan di kediamannya yang terletak di Nogotirto, Kecamatan Gamping, Sleman, Selasa (11/6/2019).

"Dia orang positif. Saya rasa dia tentara betul, dia enggak mau ke politik. Dia hanya mau membela negara. Menurut saya ini menarik walaupun teman seangkatannya macam-macam," kata Buya Syafi'i Selasa.

Buya mengatakan, Menhan sebagai prajurit yang sesungguhnya. "Real prajurit ya orang seperti ini. Bangsa dan negara yang diutamakan. Menurut saya, penting orang seperti itu," ucapnya.

"Ada yang ke politik, tapi ke politik pragmatisme yang merusak," ujarnya.

Ketika disinggung banyaknya penangkapan para purnawirawan atas berbagai tuduhan seperti makar, Buya mengatakan oknum-oknum tersebut sudah bukan tentara, tapi sipil. "Kalau memang salah, ya dihukum saja asal jangan salah tangkap berdasarkan data dan fakta di lapangan. Semua orang kan sama di depan hukum. Harus kita berpegang pada itu," terangnya.

Sementara itu dalam kunjungannya ke Jogja, Ryamizard Ryacudu mengatakan jika kunjungannya ke kediaman pribadi Buya Syafi'i Ma'arif tidak ada hubungannya dengan isu politik. 

"Terkait masalah agama, masalah moral [kunjungan ke Jogja], kami prihatin kalau situasi ke depan ini tambah buruk, itu yang kita khawatirkan tapi insya allah tidak terlalu buruk. Mudah-mudahan pihak pihak tertentu tahu apa yang dilaksanakan, kalau bangsa ini berantakan, porak poranda, yang rugi kan bangsa ini juga, jadi mari kita rawat bangsa ini," kata Menhan.