Advertisement

Warga Semanu Buka D’Trukan Park View

Yudhi Kusdiyanto
Selasa, 11 Juni 2019 - 22:12 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Warga Semanu Buka D’Trukan Park View Pentas tari yang ditampilkan saat Merti Kali sekaligus grand opening destinasi DTrukan Park View, Sabtu (8/6/2019). - Istimewa/Dokumen Dinpar DIY

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Warga Desa Semanu, Kecamatan Semanu, menggelar Merti Kali sekaligus grand opening destinasi D’Trukan Park View, Sabtu (8/6/2019). Acara yang didukung oleh Dinas Pariwisata DIY ini dilaksanakan di Sungai Trukan, tepatnya di kawasan destinasi wisata D’Trukan Park View. Acara dihadiri oleh Wakil Bupati Gunungkidul, Immawan Wahyudi, jajaran Dinas Pariwisata DIY, Dinas Pariwisata Gunungkidul, dan sejumlah pejabat lainnya.

Pada acara Merti Kali Trukan, dilaksanakan tradisi serah terima tumpeng dilanjutkan dengan makan bersama oleh warga masyarakat Semanu. Acara dimeriahkan dengan kesenian tayub dari Sanggar Retno Arum, tari kolosal dari Sanggar Cikal Budaya, Tari Banyu Suto serta Tari Topeng dan beberapa kesenian lainnya.

Advertisement

Dalam acara tersebut Immawan Wahyudi berharap destinasi baru D’Trukan Park View yang berada di sungai Trukan selain sebagai sumber kehidupan warga masyarakat juga dapat menyatukan warga Dusun Ringin dan Dusun Semanu sehingga tercipta kerukunan. “Adanya D’Trukan Park View menjadikan warga masyarakat Semanu saling menguatkan kebersamaan, persatuan dan guyub rukun dalam membangun desa wisata,” ujar Immawan seperti dalam rilis yang diterima Harian Jogja, Selasa (11/6/2019).

Pengurus pokdarwis, Nanang Yulianto, menjelaskan sebagai destinasi baru D’Trukan Park View berada di kawasan Sungai Trukan yang panjangnya mencapai dua kilometer. Wisata baru ini memberikan edukasi dan menawarkan sejumlah wahana kepada pengunjung yakni wisata air, wisata budaya, wisata religi maupun agrowisata.

Kabid Pengembangan Kapasitas Dinas Pariwisata DIY, Wardoyo, mendukung Desa Semanu untuk mengembangkan potensi alam dan sungai sebagai wahana baru bagi perkembangan kepariwisataan Gunungkidul. “D’Trukan Park View diharapkan dapat menguatkan dan menambah daya tarik untuk mengunjungi Desa Wisata Semanu. Sebagai wahana baru, D’Trukan Park View kedepannya dapat dikembangkan menjadi wisata yang terkemuka dan andalan desa setempat,” tutur Wardoyo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement