Advertisement

Keok di MK, Begini Akhirnya Nasib Koalisi Adil Makmur

Newswire
Jum'at, 28 Juni 2019 - 21:47 WIB
Bhekti Suryani
Keok di MK, Begini Akhirnya Nasib Koalisi Adil Makmur Partai-partai koalisi pengusung Prabowo Subianto Sandiaga Uno pada Pilpres 2019, bersepakat menamakan blok politik mereka sebagai Koalisi Indonesia Adil Makmur. - Suara.com/Muhamad Yasir

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA- Partai politik yang sebelumnya bergabung dalam Koalisi Indonesia Adil Makmur kini telah berakhir.

Koalisi partai pendukung capres Prabowo Subianto itu sepakat membentuk forum komunikasi informal untuk menjaga suasana kekeluargaan antar-partai tetap terjaga.

Advertisement

"Kami sepakati harus memelihara komunikasi dalam semua forum meskipun informal yaitu kaukus yang menjadi forum komunikasi parpol yang pernah mengusung dan mendukung pasangan Prabowo-Sandi," kata Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani di Media Center Prabowo-Sandi, Jakarta, Jumat (28/6/2019).

Keputusan itu diambil menyusul adanya putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang memenangkan pasalon Jokowi-Ma'ruf Amin dalam sidang sengketa pilpres.

Dia mengatakan langkah tersebut diambil karena merasa langkah perjuangan akan terus dilakukan pada masa-masa mendatang.

Menurut Muzani, Prabowo berpandangan bahwa kerjasama yang telah dibangun bisa dilakukan di parlemen dan dalam forum politik lainnya yang dimungkinkan bersatu dalam sebuah kepentingan bersama.

Sekjen DPP PAN Eddy Soeparno mengatakan meskipun tugas bersama dalam koalisi sudah selesai namun komunikasi akan terus jalin dalam sebuah kaukus yang telah disepakati.

"Meskipun informal namun efektif untuk usung agenda politik kedepan karena ada Pilkada serentak, parlemen yang butuh soliditas dan kebersamaan," ujarnya.

Sekjen Partai Berkarya Priyo Budi Santoso mengatakan setuju dibentuknya forum komunikasi tersebut karena didasari keinginan kuat untuk terus membangun kebersamaan.

Dia menilai membentuk oposisi yang konstruktif tidak kalah mulia dan terhormat dengan pilihan lain.

"Ada pikiran yang berkembang manakala ini semua terjadi dan perkembangan berikutnya ada pemikiran membentuk dan terbangun kekuatan oposisi konstruktif secara alamiah," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement