Curi Tas di Masjid, Pria Ini Ditangkap Berkat CCTV

Ilustrasi. - Hengky Irawan
07 Juli 2019 10:27 WIB Lugas Subarkah Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Polsek Gondomanan Kota Jogja mengungkap pencurian yang terjadi di Masjid Gede Kauman pada Minggu (30/6/2019) lalu. Pelaku yang berinisial F, 35, berhasil ditangkap polisi satu hari setelahnya, Senin (1/6/2019) di Alun-Alun Utara Jogja, saat pelaku sedang berjualan mainan.

Kapolsek Gondomanan, AKBP I Nengah Lotama melalui Humas Polsek Gondomanan, Jumat (5/7/2019) mengatakan barang yang dicuri berupa tas punggung yang berisi netbook warna hitam, powerbank, lima flashdisk, buku kedokteran, dokumen skripsi, sweater warna biru dan kunci beserta STNK motor Honda Beat, yang diperkirakan total senilai Rp3 juta.

Kejadian yang terekam kamera CCTV itu berlangsung sekitar pukul 15.30 WIB. Saat itu, korban yang bernama Andika Dwi Cahya, seorang dokter beralamat Kebumen, sedang solat asar dan menempati urutan paling belakang.

Tas korban saat itu ditaruh di belakang tempatnya solat. Melihat kesempatan itu lah pelaku beraksi menggondol tas korban. Setelah kejadian, korban langsung melapor ke Polsek Gondomanan, dan ditelusuri lah ciri-ciri pelaku melalui rekaman CCTV.

F merupakan buruh serabutan asal Mungkid, Magelang. Polisi menengarai F sudah kerap melancarkan aksinya di tempat yang berbeda-beda. “Sehari-hari pelaku adalah buruh serabutan, pekerjaannya tidak menentu,” katanya.

Saat ini F sudah diamankan di Rutan Polsek Gondomanan, menunggu penyelidikan selesai untuk kemudian disidangkan. Pelaku disangkakan melakukan pencurian yang melanggar Undang-Undang 362 dengan ancaman hukuman lima tahun.

Ia berpesan kepada masyarakat untuk selalu waspada saat di masjid dan membawa barang berharga. “Kalau ada penitipan barang ya sebaiknya dititipkan, dari masjid juga sebaiknya pasang CCTV agar memudahkan penyelidikan,” ujarnya.