Lewat Aplikasi Ini, Dalam Kondisi Darurat Warga Kulonprogo Bisa Minta Tolong Polisi

Ilustrasi personel polisi - Antara/Nova Wahyudi
10 Juli 2019 23:57 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, WATES—Polres Kulonprogo mengembangkan aplikasi bernama Alarm Warga (Alwa) Kulonprogo. Lewat aplikasi ini, warga yang sedang dalam keadaan darurat bisa segera mendapat pertolongan.

Kepala Polres Kulonprogo Ajun Komisaris Besar Polisi Anggara Nasution mengatakan Alwa Kulonprogo merupakan upaya Polres untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan kepolisian. Dia mengklaim baru Polres Kulonprogo yang menyediakan fasilitas seperti ini di DIY.

Di dalam aplikasi ini sejumlah fitur seperti tombol panik, alarm diam, lapor, pusat layanan telepon dan info telah tersedia. Ketika masyarakat sedang dalam keadaan darurat, dan membutuhkan pertolongan, bisa menghubungi polisi menggunakan aplikasi ini.

Nantinya, polisi segera mendatangi lokasi pelapor untuk memberi pertolongan. Ini bisa dilakukan karena aplikasi tersebut memanfaatkan teknologi sistem posisi global dan waktu nyata sehingga lokasi pelapor langsung terdeteksi.

“Jadi, Polres mengusung tagline-nya dua kali klik, bantuan hadir. Aplikasi ini tentu akan memudahkan masyarakat untuk mendapat pertolongan karena sistemnya berlaku 24 jam,” kata Anggara di sela-sela acara peringatan Hari Bhayangkara ke-73 yang dipusatkan di Kantor Polsek Wates, Kecamatan Wates, Rabu (10/7/2019).

Aplikasi ini sebenarnya sudah bisa diakses pengguna ponsel berbasis Android sejak April 2019. Jumlah pengunduh sampai kemarin bahkan lebih dari 1.000 pengguna. Adapun, Polres Kulonprogo belum secara resmi meluncurkan aplikasi tersebut lantaran masih tahap penyempurnaan. Rencananya peluncuran resmi dilakukan dua pekan ke depan.